Survei Exit Poll, Giliran LKPI Unggulkan Agus-Tanribali

oleh
Survei Exit Poll, Giliran LKPI Unggulkan Agus-Tanribali

MACCANEWS– Usai Laju Survei Indonesia (LSI), kali ini giliran Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) yang mengunggulkan pasangan Pilgub Sulsel nomor irut 2, Agus Arifin Nu’mang – Tanribali Lamo, hasil jajak pendapat dengan metode Exit Poll sejak pukul 08.00-09.30 WIB tengah kepada 4482 pemilih di 2241 desa di Sulawesi Selatan.

Hasilnya, pasangan nomor urut 2, Agus Arifin Numang-Tanribali Lamo (AAN- TBL) memimpin keunggulan sementara dengan dipilih oleh responden sebanyak 32,8 persen, disusul oleh pasangan nomor urut 3, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, dengan jumlah pemilih sebanyak 23,2 persen responden.

“Selanjutnya, pasangan dengan Nomor Urut 1 yakni Pasangan Nurdin Halid-Abd Aziz Qahhar Mudzakkar dengan Dipilih Sebanyak 21,6 Persen responden dan pasangan Nomor Urut 4 yakni Pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar 17,8 persen, sementara 4,6 persen lainnya memilih Tidak Menjawab sebanyak 4,6 persen,” kata Direktur Eksekutive LKPI, Arifin Nur Cahyono kepada wartawan, Rabu (27/6/2018).

Pada kesempatan itu dia mengemukakan alasan mayoritas masyarakat Sulawesi Selatan memilih masing-masing kandidat didasarkan karena program yang mereka usung. Kemudian alasan lainnya yakni karena kepribadian kandidat, selanjutnya yakni karena kesamaan partai dan terkahir karena efek tokoh nasional.

“Alasan masyarakat memilih kandidat yang dipilih di Bilik suara menjawab karena Program yang diusung 36,7 % responden, kemudian 23,7 persen responden lainnya memilih karena faktor Kepribadian Kandidat 23,7 persen, selanjutnya 12, 2 persen responden lainnya karena faktor Kesamaan partai, kemudian 20,2 persen responden lainnya karena Tokoh Nasional/Tokoh Partai, sementara 7,2 persen responden tidak menjawab,” terang dia.

Dari daftar pemilih yang diajukan Pertanyaan dalam Exit Poll Pilgub Sulawesi Selatan itu ada beberapa kriteria responden yang akan di pilih untuk diwawancarai.

“(Mulai dari) Jenis Kelamin, antara  Laki-laki dan Perempuan, Kemudian Pendidikan responden, (dia) Tamat SD atau di bawahnya atau Tamat SLTP atau sederajat  atau Tamat SLTA atau sederajat atau Pernah kuliah atau di atasnya, selanjutnya juga dipilih berdasarkan Kelompok Umur, mulai dari 19 atau di bawahnya, 20-29 tahun, selanjutnya 30-39 tahun atau 40-49 tahun atau 50an keatasnya,” bebernya.

“Selanjutnya juga ditanyakan siapa Kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur  yang setelah keluar dari bilik suara ?,” imbuhnya.

Dari pengamatannya itu, Untuk Jenis Kelamin Pemilih yang memberikan jawaban dan tidak memberikan jawaban pada survei Exit Poll ini sebanyak 52,2 persen Laki -Laki dan 47,8 persen Perempuan.

Sementara, untuk tingkat Pendidikan Pemilih  Tamat SD atau di bawahnya sebanyak 20,4 persen , Tamat SLTP atau sederajat 28,2 persen , Tamat SLTA atau sederajat  40,2 persen dan Pernah kuliah atau di atasnya 11,2 persen.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.