Kiat Merawat Sepatu dan Tas Kulit

oleh
Kiat Merawat Sepatu dan Tas Kulit

MACCANEWS- Sepatu dan tas kulit sering dianggap sebagai bagian dari barang yang paling ingin dibeli. Namun, ketika telah membelinya, kadang malas untuk merawat kulit sepatu ataupun tas kita.

Bukan hanya karena malas, tapi pemeliharaan kulit sepatu dan tas memang membutuhkan usaha yang tekun dan cara yang rumit. Untuk memastikan sepatu dan tas favorit bertahan selama bertahun-tahun, ini beragam cara Anda merawat tas dan sepatu.

”Biasakan menggunakan kain lembut untuk membersihkan sol sepatu kulit Anda dan permukaan tas kulit Anda setelah setiap penggunaan, dan perawatan kulit tidak akan lagi terasa seperti tugas besar,” kata Geraldine Goh, pendiri label lokal Arete Goods, yang berspesialisasi dalam sepatu dan tas kulit buatan tangan berkualitas, dikutip dari Channel News Asia.

Ia menjelaskan, untuk membersihkannya, kondisikan tas kulit atau sepatu Anda setidaknya sehari sebelum disimpan. Jika basah, pastikan mereka benar-benar kering sebelum dibersihkan.

Selain itu, jangan memakai sepatu kulit yang sama setiap hari, cobalah untuk mengganti dengan sepatu lain setiap dua hingga tiga hari. ”Simpan tas kulit Anda dengan mengisinya dengan tisu sebelum disimpan dalam kantong debu,”’ tambahnya.

Goh merekomendasikan untuk mengatasi noda baru dengan pembersih noda Saphir Renomat, yang secara efektif membersihkan noda tanpa merusak kulit. Jika sering menggunakan barang-barang kulit, ia menyarankan untuk membersihkan dan mengondisikannya sebulan sekali.

”Kulit yang baik dapat mempertahankan khasiatnya selama lebih dari 50 tahun, asalkan perawatan kulit yang memadai diberikan,” kata Goh.

Kulit yang berbeda menyerap lotion secara berbeda, sehingga tes tempel dapat menentukan berapa banyak kondisioner yang berlaku untuk kulit sepatu atau tas Anda. Kulit jadi biasanya memiliki lapisan permukaan khusus yang memperlambat tingkat penyerapan alami mereka. Sehingga, sepatu dan tas Anda mungkin hanya memerlukan sedikit kondisioner kulit pada suatu waktu.

Saat membersihkannya, gunakan sedikit kondisioner dan bersihkan permukaan kulit dengan gerakan melingkar, pastikan menggunakan kain tipis. Setelah selesai, biarkan sepatu dan tas kulit Anda tetap kering setidaknya selama sehari sebelum disimpan.

Menurut Goh, ada dua jenis perawatan kulit untuk kelompok kulit yang berbeda, untuk kulit yang disamak nabati dan disalut krom. Cobalah menggunakan lotion kulit untuk membersihkan dan melembabkan secara teratur.

Ada juga bisa menyikatnya dengan sikat gigi, agar tidak merusak barang Anda. Pengarah Gaya, Furqan Saini, yang memiliki lebih dari 90 pasang sepatu kulit, mengaku membersihkan sepatunya setiap pekan. Ia selalu memastikan untuk membersihkan sepatunya dengan mengelap secara cepat ketika  tiba di rumah.

Dia mengatakan, tidak suka sepatunya dihinggapi kotoran dan debu terakumulasi terlalu lama. ”Saya memiliki 14 pasang sepatu kulit putih yang saya bersihkan secara tekun sepekan sekali,” jelasnya.

Ia menyarankan, hapus noda baru secepat yang Anda bisa, karena semakin lama residu bertahan, semakin banyak yang melekat ke kulit. Jika Anda tak memiliki waktu, simpan tisu kulit di tas agar dapat segera membersihkannya kapanpun dan di manapun. (**)