Bupati Andi Sukri Terima Kepala BBPOM Sulsel

oleh
oleh
Bupati Andi Sukri Terima Kepala BBPOM Sulsel

MACCANEWS .- Tahun 2019 Kantor Perwakilan BBPOM Hadir di Bulukumba, hal tersebut Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Provinsi Sulawesi Selatan H.G. Kakerissa, saat
melakukan kunjungan kerja ke Bulukumba dan diterima Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali di ruang kerjanya, Kamis, (24/5).

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka mengkoordinasikan upaya pengamanan obat dan makanan, khususnya takjil pada bulan ramadan ini.

BBPOM kata H.G. Kakerissa, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Bulukumba terkait makanan yang beredar padavbulan ramadan, begitu pula makanan atau minuman yang dijajakan di sekolah

“ Bupati atau Dinas Kesehatan adalah perpanjangan tangan dari BBPOM, sebagaimana diatur dalam Inpres Nomor 3 Tahun 2017 tentang Peningkatan Efektifitas Pengawasan Obat dan Makanan. Karena kami berada di Makassar, sehingga penting kami melakukan koordinasi langsung ke kabupaten,” kata Kakerissa.

Sementara itu, Bupati AM Sukri Sappewali mengaku senang bertemu dengan pihak BBPOM, karena selama ini banyak keluhan dari para pelaku industri makanan yang kesulitan pemasaran, karena belum mendapat lisensi dari BBPOM, dan Bupati berharap pertemuan dengan BBPOM memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

“ Banyak produk makanan dan minuman kita yang telah dihasilkan oleh warga dan BUMDES, namun terkendala lisensi sehingga susah bersaing masuk di mini market,” ungkap Andi Sukri.

Menanggapi keluhan dari Bupati, Kakerissa mengatakan pada dasarnya tidak ada masalah sepanjang ada koordinasi dengan pihaknya. ” BBPOM akan melakukan koordinasi teknis dengan Dinas Kesehatan dan Badan Ketahanan Pangan, bagaimana menfasilitasi produk-produk tersebut mendapat lisensi,” katanya.

Untuk mempermudah pelaksanaan tugas BBPOM ke depan, Kakerissa merencanakan akan membangun kantor perwakilan BBPOM di Bulukumba tahun 2019 mendatang. Kantor Perwakilan Bulukumba akan meng-cover pelaksanaan tugas untuk wilayah selatan-selatan.

“Pembangunan Kantor Perwakilan itu memang sudah masuk agenda kami. Rencananya kami akan bikin dua kantor perwakilan saja, satu di Kota Palopo pada tahun 2018 ini, dan Bulukumba tahun 2019 mendatang,” terang Kakerissa sambil menambahkan, BBPOM juga akan kembali ke Bulukumba untuk mengambil bagian pada agenda kegiatan obor Api Asian Games 2018 (Torch Relay) yang melintasi Kabupaten Bulukumba.

Menurutnya timnya akan membuat posko di Bulukumba untuk mengawasi makanan selama perhelatan berlangsung, yang rencana dilaksanakan bulan Agustus mendatang.

Usai bertemu dengan Bupati Bulukumba, Kepala BBPOM dan rombongan didampingi Dinas Kesehatan,langsung turun mengecek makanan takjil yang dijajakan di kota Bulukumba.- (Edy) .-

No More Posts Available.

No more pages to load.