Asah Kemampuan Menulis, Siswa SMA Athirah Bukit Baruga Ikuti Pelatihan Penulisan KTI

oleh
Asah Kemampuan Menulis, Siswa SMA Athirah Bukit Baruga Ikuti Pelatihan Penulisan KTI

MACCANEWS– Siswa-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga mengikuti pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) di Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, Jalan Raya Baruga, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (24/4/2018).

Ketua panitia pelatihan, Nurfaidah SPd mengemukakan, dengan diselenggarakannya pelatihan penulisan KTI, pihak sekolah berharap para siswa mampu menulis karya tulis. “Kita ingin membekali siswa agar bisa menulis KTI. Selain itu agar siswa bisa melakukan penelitian,” tuturnya.

Pihaknya berharap, para siswa yang telah mengikuti pelatihan dapat menggunakan ilmu yang mereka peroleh hingga bangku kuliah. “Semoga bisa diaplikasikan di perguruan tinggi. Karena sudah ada pengalaman menulis, maka nantinya siswa tidak kikuk dalam penulisan skripsi,” katanya.

Pelatihan yang diikuti 82 siswa kelas XI ini rencananya digelar hingga pukul 17.00 Wita. Pelatihan digelar untuk membangun jiwa penelitian di dalam diri siswa. “Semoga siswa bisa antusias mengikuti pelatihan ini,” ungkap Nurfaidah.

Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga yang mendampingi siswa antara lain Musdaliva SSos MSi, Muhammad Arsyad SPd MPd, Nurul Muslimah SPd, Fahirah Akib SPd, dan Nur Kumala Sari SPd.

Adapun pemateri pelatihan, alumnus Universitas Nottingham Akhmad Affandi SPd MA TESOL, alumnus Intitut Teknologi Bandung (ITB) Andi Syamrizal SSi MT, alumnus Universitas Gajah Mada (UGM) Yusri SPd MA, dan alumnus Universitas Negeri Makassar (UNM) Ermi Suryani A SPd MPd.

Ihwal materi penelitian, para siswa memperoleh materi paradigma penelitian dan penyusunan latar belakang. Materi lainnya, literatur review dan metodologi penelitian. Siswa juga mendapatkan materi instrumen dan analisis data.

Siswa dibagi menjadi tiga kelompok penelitian, yakni penelitian eksperimen, penelitian kualitatif, dan penelitian kuantitatif. Para peserta dibagi menjadi empat kelas. Sebanyak 13 siswa membidangi penelitian eksperimen, 22 siswa membidangi penelitian kualitatif, dan 47 siswa membidangi penelitian kuantitatif. (IH)

No More Posts Available.

No more pages to load.