10 Langkah Penting Saat Pertama Kali Memandikan Bayi

oleh
10 Langkah Penting Saat Pertama Kali Memandikan Bayi

MACCANEWS- Memandikan bayi untuk pertama kali mungkin cukup menantang bagi orang tua baru. Terlebih, bayi baru lahir cenderung sensitif sehingga kondisi saat memandikan bayi harus benar-benar tepat.

Beberapa ahli mengungkapkan ada setidaknya 10 langkah yang harus diperhatikan ketika akan memandikan bayi yang masih sangat kecil. Berikut ini adalah kesepuluh langkah tersebut seperti dilansir NetDoctor.

Menentukan Waktu yang Tepat
Waktu ideal untuk memandikan bayi pertama kali sangat beragam, mulai dari usia satu minggu hingga satu bulan. Hal ini bisa dilihat dari kondisi bayi. Jika bayi tampak sehat dan siap, orang tua bisa mulai memandikan bayi.

Orang tua juga harus memastikan bahwa mereka tidak memandikan bayi saat bayi merasa lapar atau lelah. Memandikan bayi yang lapar atau lelah dapat mempengaruhi pola tidur bayi.

Tempat Memandikan Bayi
Agar mudah memposisikan bayi, bayi yang baru berusia beberapa minggu bisa dimandikan di wadah yang kecil. Salah satunya adalah bak khusus untuk memandikan bayi.

Persiapkan Semua Peralatan
Terkadang, bayi membutuhkan perhatian penuh setiap waktu ketika dimandikan. Oleh karena itu, orang tua harus memastikan bahwa semua perlengkapan sudah tersedia sebelum memandikan bayi. Beberapa di antaranya adalah dua buah handuk, baju ganti bayi, pembersih atau sabun bayi yang lembut hingga popok bersih. Orang tua juga perlu memastikan bahwa suhu ruangan cukup hangat untuk bayi.

Air Hangat
Suhu air yang ideal untuk memandikan bayi adalah sekitar 37-38 derajat Celcius yang hampir menyerupai suhu tubuh. Sebelum memandikan bayi, orang tua perlu memastikan suhu air sudah merata dengan cara memasukkan memutar-mutar tangan di dalam bak mandi bayi yang berisi air. Setelah itu, tes suhu air dengan siku atau pergelangan tangan untuk memastikan air tidak terlalu panas atau dingin untuk bayi.

Cuci Muka
Sebelum memasukkan bayi ke bak mandi, tidurkan bayi di kedua lutut dan usapkan air angat ke wajah bayi dengan bola kapas halus. Usap kedua mata dari bagian dalam ke luar, bersihkan area sekitar mulut, bawah dagu dan belakang telinga.

Cuci Rambut
Posisikan bayi dengan nyaman di dalam bak dan gunakan air biasa untuk mencuci rambut bayi. Pijat-pijat dengan lembut kulit kepala bayi dengan menggunakan jari. Langkah mencuci rambut bisa dilewati jika bayi tidak memberi respon yang baik terhadap air yang diusapkan ke kepala mereka.

Memposisikan Bayi
Sebelum memasukkan bayi ke dalam bak, orang tua perlu memposisikan diri dengan nyaman dan stabil terlebih dahulu. Gunakan satu tangan untuk menyokong bagian atas tangan dan kepala bayi, lalu gunakan tangan lain untuk memandikan bayi dengan lembut.

Membasuh Bagian Atas Tubuh
Saat membasuh tubuh bayi, pastikan kepala bayi berada di atas air. Beberapa area yang perlu dibersihkan dengan seksama adalah tangan, leher dan sela-sela jari. Orang tua tidak perlu takut untuk membersihkan area di sekitar tali pusar. Upayakan air tidak menyiprat saat memandikan bayi agar bayi tetap merasa hangat.

Membersihkan Area Intim
Area intim bayi harus dibersihkan dengan sangat lembut menggunakan air hangat. Orang tua juga harus mengeringkan area intim bayi dengan sangat hati-hati. Jangan lupa untuk membersihkan area lipatan kulit.

Mengeringkan Bayi
Setelah dimandikan, letakkan bayi di atas handuk hangan dan keringkan bayi secara lembut dan perlahan. Hindari menggosok kulit bayi saat mengeringkan tubuh bayi dengan handuk. Cukup tepuk-tepuk handuk ke area tubuh bayi dengan lembut. Setelah kering dengan sempurna, orang tua bisa memakaikan popok dan baju yang hangat kepada bayi. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.