5 Makanan Ini yang Harus Dihindari Ketika Sembelit

oleh
5 Makanan Ini yang Harus Dihindari Ketika Sembelit

MACCANEWS- Mengalami konstipasi atau sembelit pasti menimbulkan rasa tidak nyaman. Menurut National Institute of Health, buang air besar kurang dari tiga kali seminggu atau merasa sakit saat buang air besar bisa menjadi tanda Anda terkena sembelit.

Gangguan ini bisa dihindari dengan memperbaiki kebiasaan makan. Penting bagi Anda untuk menghindari beberapa makanan ini agar tidak mengalami sembelit.

Produk susu
Jika mengalami sembelit, hindari mengonsumsi produk susu. Terutama jika Anda tidak toleran terhadap laktosa. Sebab tubuh mungkin merasa sulit memproses gula dalam susu dan akhirnya menyebabkan sembelit.

Gorengan
Makanan ini tinggi lemak dan tidak memiliki serat. Dikutip dari Times of India, Selasa (17/4), makan makanan berlemak tinggi menyulitkan pencernaan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk metabolisme.

Pisang mentah
Hindari makan pisang mentah jika Anda mengalami konstipasi. Pisang yang belum matang akan membuat sulit buang air besar.

Makanlah pisang matang untuk menghilangkan sembelit karena mengandung serat, menyerap air dari usus, dan memperbaiki gerakan usus.

Nasi putih
Nasi putih merupakan makanan yang harus dihindari jika mengalami konstipasi. Nasi putih minim serat. Pilihlah beras merah yang kaya serat.

Makanan beku
Makanan ini memiliki nilai gizi rendah, rendah serat, dan tinggi lemak. Jika mengalami konstipasi, hindari mengonsumsi makanan beku. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.