Waspada Kantong Bolong saat Long Weekend

oleh
oleh
Waspada Kantong Bolong saat Long Weekend

MACCANEWS– Libur panjang di akhir pekan atau long weekend tentunya sangat menyenangkan, sebab kita bisa memiliki banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga atau sekadar santai di rumah.

Meski demikian, adanya long week end membuat kita cenderung boros sebab banyak uang yang dikeluarkan untuk liburan bersama keluarga. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa menikmati long week end dengan kegiatan liburan untuk berhemat.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, untuk tetap hemat di akhir pekan sembari menikmati liburan, maka kita harus pandai memilih kegiatan pengisi liburan.

Misalnya, orang cenderung mengisi libur panjang dengan pergi ke pusat perbelanjaan, sehingga mereka tergoda untuk membeli barang atau pun sekadar makan dan nongkrong di kafe.

“Maka, biar hemat kita hindari liburan ke mal. Bisa diganti dengan jalan-jalan ke taman kota atau ke tempat wisata umum, seperti Monas,” ujarnya.

Selain mengisi kegiatan liburan dengan kegiatan yang bersifat hiburan seperti jalan-jalan, aktivitas lain yang dapat dipilih adalah dengan memanfaatkan long weekend untuk melakukan hobi. Lebih bagusnya, jika kita memiliki komunitas yang sesuai dengan hobi kita.

Dengan demikian, Andi mengatakan, long weekend masih menyenangkan tapi tidak banyak mengeluarkan budget.

Dia melanjutkan, kalaupun tradisi keluarga selama long weekend adalah berlibur ke luar kota, maka agar tidak terkesan boros kita harus merencanakan dan mengalokasikan dari jauh-jauh hari.

“Tips saya rajin memantau kapan ada long weekend, sehingga kita ada alokasi keuangan,” kata dia.

Andi tidak menyarankan untuk mengisi setiap long weekend dengan kegiatan hiburan di luar rumah. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.