Stiker GIF Kembali Hadir di Instagram Story

oleh

MACCANEWS- Setelah sempat menghilang selama beberapa pekan, Instagram kembali memunculkan stiker GIF dalam fitur Story. Dilansir dari laman TechCrunch hari ini, Jumat (30/3/2018), Instagram sudah menyediakan kembali stiker GIF sehingga bisa dimanfaatkan penggunanya yang ingin membuat Story.

Instagram dan Snapchat sempat melenyapkan stiker berformat GIF lantaran ditemukan beberapa gambar yang dinilai rasis. Keputusan menggunakan lagi stiker GIF dilakukan setelah GIPHY, gudang gambar GIF memeriksa kembali konten stiker GIF sebanyak empat kali dan memastikan filter yang lebih ketat untuk stiker yang akan dirilis.

“Kami sudah berkomunikasi dengan GIPHY selama proses ini dan kami yakin pengguna akan merasakan kembali stiker GIF dengan pengalaman yang berbeda,” demikian pernyataan resmi Instagramkepada TechCrunch.

Di lain pihak, GIPHY juga tak berlepas tangan atas kelalaian yang terjadi. “Kepada siapapun yang terkena dampaknya, kami meminta maaf. Kami bertanggung jawab penuh atas kesalahan ini. Kami juga sedang menyelesaikan penyelidikan terhadap sistem moderasi penyedia konten dan membuat perubahan spesifik yang memastikan kesalahan serupa tak akan terulang lagi,” ungkap GIPHY lewat keterangan resminya.

Stiker berformat GIF pertama kali diadopsi di fitur Story Instagram pada Januari lalu. Pada Februari, Snapchat mengambil langkah yang sama dengan menghadirkan stiker GIF. Namun pada 8 Maret seorang pengguna media sosial di Inggris melaporkan adanya konten GIF yang mengandung unsur rasisme. Sejak saat itu stiker GIF lenyap dari Instagramdan Snapchat hingga hari ini diumumkan kembali kemunculannya. (Intan Kumala)