‘Mengajari Keteladanan dan Etika’

oleh

MACCANEWS-  Di saat buku-buku lain mengajarkan teori, masih terpaku pada definisi, at-Tarbiyah wal Adab mengajarkan langsung tentang pendidikan dan etika. Pendidikan berupa memberikan pengaruh kebaikan dan keteladanan dicontohkan langsung oleh orang tua, seperti contoh di atas. Kelak anak ketika membaca buku tersebut langsung memahami ketuhanan dengan mudah.

Hal sama juga terjadi saat mereka mempelajari akhlak mulia, seperti menjaga kebersihan, berbuat baik kepada kedua orang tua, jujur, melaksanakan amanah, saling tolong-menolong, dan banyak lagi. Semua itu menjadi pelajaran berharga yang akan membekas dan selalu diingat sepanjang masa.

Materi buku ini disampaikan dengan menggunakan metode langsung (mubasyarah). Metode ini juga diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di sejumlah pondok pesantren. Keunggulannya lebih mengarahkan anak untuk mempraktikkan materi, tidak melulu berteori.

Gambar-gambar disajikan berwarna, sehingga buku ini menampilkan kesan elegan. Dengan melihat gambar, anak akan termotivasi untuk belajar. Dia akan melihat gambar, kemudian mengisi soal di bawahnya.

Selain mempelajari pendidikan agama dan akhlak, buku ini juga bisa menjadi opsi kedua bagi anak-anak yang mempelajari Bahasa Arab. Soal dan tugas dalam buku ini mengarahkan anak untuk me mperkaya kosakata Bahasa Arab yang sederhana, seperti nama-nama hewan, per bendaharaan kata di rumah, dan sekitar nya.

Pola pembelajaran Bahasa Arab seperti ini sangat bermanfaat untuk memperkaya kosakata dan melatih anak membuat kalimat sempurna Bahasa Arab.

Selain itu, anak juga mendapatkan sentuhan iman, sesuatu yang sangat didambakan orang tua Muslim. Mereka tentu mengharapkan anak-anak mereka akan menguasai atau setidaknya mengetahui bahasa Alquran yang penuh dengan keindahan. (*)