Dituding Kesampingkan Perempuan Oleh Srikandi FMI, Begini Tanggapan KPU Sulsel

oleh

MACCANEWS – Perihal tudingan Ketua Srikandi Fraksi Muda Indonesia, Irnawati Bahtiar yang menanggapi debat kandidat pemilihan gubernur Sulawesi Selatan yang digelar pada, Rabu, 28/03/2018 Malam. Tayangan yang bedurasi selama dua jam secara langsung di Televisi swasta agak mengecewakan.

Menurut Irnawati, perdebatan keempat pasangan kandidat tersebut mulai awal hingga akhir perdebatan tak sedikitpun menyinggung soal perempuan.

“Adapun beberapa program yang ditawarkan hanya dibahasakan secara general dengan kata masyarakat dan manusia dan SDM. Artinya perempuan tidak berada pada ranah spesifik atau subjek khusus dalam pembahasan tersebut, padahal pemilih perempuan di Sulawesi Selatan merupakan pemilih terbesar,” demikian ujar Srikandi kelahiran Takalar ini dengan nada kecewa yang dikutip turungka.com.

Hal itu ditanggapi serius oleh Humas KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Asras Marlang.

“Untuk mengakomodir semua tema tersebut dalam satu kali debat memang agak sulit terutama karena tema debat memang seputar tema itu.” Kata Asrar via pesan whatsapp pribadinya. Kamis (29/03).

“Maka dari itu KPU menjadwalkan akan mengangkat tema lain pada pelaksanaan debat selanjutnya. Tiga debat yg kami rencanakan akan mengusung tema berbeda jadi harap dimaklumi kalau tema anak dan perempuan belum terakomodir,” Kata Asrar.

Ia mengatakan akan mempersiapkan tema itu di debat selanjutnya.

“Tentunya pada pelaksanaan debat selanjutnya issu2 lain akan menjadi tema debat, termasuk issu anak dan perempuan,” Ujar Asrar. (Wan)