Menangis, BTS Umumkan Sementara Waktu Hiatus

oleh

JAKARTA – Bangtan Sonyeondan yang memiliki arti Bulletproof Boy Scouts atau lebih di kenal dengan nama BTS mengumumkan akan hiatus sebagai grup, sementara tiap member akan merilis album solo mereka masing-masing.

Pengumuman BTS ini di sampaikan dan di siarkan di kanal YouTube BangtanTV saat acara tahunan BTS Festa pada Selasa(14/6/2022)malam. Pada acara tersebut, mereka makan malam sambil mengenang masa sembilan tahun perjalanan karier mereka sebagai group, dan langkah kedepan yang akan mereka ambil.


RM atau Namjoon menyampaikan bahwa meski mereka telah mendapatkan banyak hal selama sembilan tahun, tetapi tiap individu butuh waktu untuk berkembang menjadi sosok yang lebih bijaksana. Ia juga mengaku merasa tersesat menjalani perannya sebagai leader, yaitu sosok yang banyak menulis lirik sekaligus melayani wawancara dengan media terutama dengan media asing.

 

“Masalah yang ada dalam K-pop dan sistem idol adalah mereka tidak memberi waktu bagi kami untuk tumbuh menjadi dewasa. Kami harus selalu membuat musik dan selalu melakukan sesuatu,” ujar RM. Karena itulah, ia sebagai individu ingin rehat sejenak sambil memikirkan langkah mereka selanjutnya, baik sebagai individu maupun sebagai grup.

Sambil menahan tangis, Jimin juga mengatakan bahwa bagi BTS, ARMY adalah segalanya. Karena itulah mereka memikirkan ingin seperti apa mereka ingin dikenang oleh para penggemar. “Kami mengalami masa yang sulit, dan kami kini sedang mencari identitas kami, dan ini adalah proses yang panjang dan melelahkan,” ujar Jimin.

RM melanjutkan bahwa saat melakukan promosi, ia merasa hal ini sangat berat karena ia merasa akan mengecewakan para penggemar BTS.

“Saat aku bilang bahwa aku ingin istirahat, aku merasa aku jadi jahat, Yang aku inginkan dan yang aku harapkan adalah kita tetap bisa bersama. Aku ingin saat kami ada di panggung, kami bisa tampil dengan tulus. Aku ingin kita bisa bicara dan bahagia tanpa harus memikirkan tentang aturan di dunia ini. Hanya itu yang aku inginkan,” ujar rapper berusia 27 tahun itu sambil menangis.

 

Ia lalu melanjutkan bahwa ia ingin BTS bisa berumur panjang, “Untuk itu, aku harus menjaga diriku dulu. Kami tidak bisa memenuhi semua ekspektasi kalian. Ada banyak yang ingin aku katakan, tapi aku tidak bisa mengatakannya,” imbuhnya lagi.

“Sekarang ini, kami mungkin istirahat sejenak, tapi ini demi BTS yang berumur panjang,” kata RM lagi. Sementara itu, Suga juga sebelumnya menegaskan bahwa BTS tidak bubar atau disband.

Setelah resmi merilis album antologi Proof pada 10 Juni lalu, kini tiap member BTS akan fokus merilis album atau proyek solo masing-masing. Proyek ini dimulai dengan J-Hope yang pada 31 Juli mendatang akan tampil sebagai headliner atau penampil utama dalam festival musik pop dan rock legendaris di Amerika Serikat, Lollapalooza.

Sementara itu pada bulan yang sama, V BTS akan mengikuti variety spin-off dari BTS In The Soop, yaitu In The Soop: Friendship Trip. Ia akan melakukan program ini bersama geng artisnya, yaitu Wooga Squad, yang terdiri dari Park Seo-joon, Choi Woo-shik, Park Hyung-sik, dan Peakboy.

Meski tak memberikan jadwal pasti tentang perilisan album solo tiap member, tapi Jungkook dalam acara yang sama mengatakan bahwa albumnya akan dirilis setelah Suga merilis albumnya.

Perlu dicatat, album solo tiap member ini berbeda dengan mixtape. Mixtape yang pernah dirilis RM, Suga, dan J-Hope, adalah album gratis yang langsung dibagikan kepada penggemar lewat SoundCloud atau Spotify, jadi tidak ada promosi sama sekali.

No More Posts Available.

No more pages to load.