Wabup A.Edy Maaf Lepas 46 Sapi Qurban ke Kalimantan

oleh

MACCANEWS.- Kabupaten Bulukumba harus berbangga. Tahun 2022 ini kabupaten berjuluk Butta panrita lopi jadi pemasok ternak sapi buat daerah lain.

Seperti, Jumat 17 Juni 2022, dari Desa Salassae Kecamatan Bulukumpa, Wakil Bupati Bulukumba, H.Andi Edy Manaf secara resmi melepas 46 ekor sapi untuk dikirim ke Kalimantan Utara yang peruntukannya untuk hewan qurban.

Sebelum dikirim, 46 ekor ternak tersebut telah diperiksa secara teliti oleh dokter hewan, untuk memastikan seluruh ternak tak terjangkiti penyakit gigi dan kuku yang banyak menyerang sapi di daerah Jawa.

Andi Edy Manaf yang akrab disapa Puang Aso di sela-sela pelepasan mengatakan, dari 7000 ribu ternak yang dibudidayakan, 4000 diantaranya merupakan ternak siap jual.

Dari 4000 ternak tersebut, 1700 sapi untuk kebutuhan warga Bulukumba dan 1000 ternak untuk memasok ke daerah lainnya.

Bulukumba katanya sangat berpotensi menjadi lumbung ternak sapi. Bahkan dari program yang dilakukan, pemerintah mencoba mendorong adanya kampung ternak sapi.

Bukan hanya satu desa nantinya, kampung sapi nantinya yang akan terkoneksi dengan desa lainnya.

“Kita harus berterima kasih pada Kementerian Pertanian yang mendorong insiminasi sapi yang ada di Bulukumba dan ini baik. Karena kualitasnya lebih baik,” kata Puang Aso.

Lewat Insiminasi Buatan (IB) ini, menurutnya, produksi sapi meningkat dengan pesat. Meningkat hingga 25 persen.

“IB ini sangat cepat, kualitas bagus, dibandingkan hanya memberikan ternak kepada kelompok tani. Dampaknya sangat signifikan, khususnya untuk perekonomian warga,” jelas Edy Manaf.

Hal tersebut dibenarkan, Koordinator IB, Dinas Peternakan, Suriya Darma, melalui inseminasi, dampaknya sangat signifikan, khusunya untuk perekonomian warga.

Salah satunya, produksi sapi andalan IB, yakni jenis sapi limosin Simental. Umur 6 sampai 7 bulan sudah dihargai Rp 15 juta.

“Sedangkan dengan inseminasi alam, butuh 2 tahun untuk hasil yang sama,” katanya.

Hingga saat ini, kata Suriya Darma sudah ada 1000 ternak dari Bulukumba yang telah dikirim ke luar daerah dan dia optimis Bulukumba bisa menjadi daerah pemasok ternak sapi dengan kualitas unggul.(*)

Editor Suaedy

No More Posts Available.

No more pages to load.