Dorong Inovasi Daerah, Ini Kata Andi Seto kepada Legislator Sinjai

oleh
Dorong Inovasi Daerah, Ini Kata Andi Seto kepada Legislator Sinjai

30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai yang baru dilantik pada tanggal 20 November yang lalu mengikuti Orientasi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Hasil Pemilu Legislatif Tahun 2019 masa bakti 2019-2024 yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Sekretariat DPRD Kabupaten Sinjai.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, SH, LLM di Hotel Grand Asia Makassar, Senin (2/12)

Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Irman Jausi, M.Pd menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini merupakan orientasi angkatan ke IV atau angkatan terakhir. Selain diikuti oleh 30 anggota DPRD Sinjai, orientasi angkatan IV juga diikuti oleh 1 orang anggota DPRD Kabupaten Gowa, dan 1 orang dari DPRD Kabupaten Gorontalo.

Dalam sambutannya, Bupati Sinjai menyampaikan bahwa DPRD merupakan mitra sejajar kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan yang memiliki peran strategis dan tanggung jawab dalam mewujudkan pemerintahan yang efisien, efektif, produktif, dan akuntabel.

“Saya berharap para anggota DPRD Sinjai yang baru bertugas dapat senantiasa menjaga dan mempertahankan kemitraan dan koordinasi yang baik dan harmonis, tidak hanya dengan eksekutif dalam hal ini pemerintah daerah, melainkan juga dalam lingkup intern DPRD. Saya meyakini, hubungan kerja yang solid dan kompak merupakan modal penting bagi DPRD untuk melaksanakan fungsinya sehingga bersama-sama dengan pemerintah daerah, DPRD mampu mendedikasikan diri mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah”

Sementara itu, Plt. Sekretaris DPRD, Lukman Mannan, S.IP, M.Si menjelaskan bahwa orientasi ini merupakan amanat dari Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang juga diatur oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 133 Tahun 2017 tentang Orientasi Dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Meskipun nantinya para anggota DPRD akan menjalani beberapa kegiatan peningkatan kapasitas SDM seperti bimtek dan workshop, namun orientasi ini merupakan kewajiban anggota DPRD sebagai langkah awal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai unsur penyelenggara pemerintahan”

Kegiatan ini berlangsung mulai Tanggal 1 hingga 6 Desember 2019 dengan menghadirkan sejumlah narasumber yaitu Bupati Sinjai, BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, PPSDM Regional Kementerian Dalam Negeri RI, dan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Provinsi Sulawesi Selatan. (ril)

The post Dorong Inovasi Daerah, Ini Kata Andi Seto kepada Legislator Sinjai appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.