Lounching Festival Desa Wisata di Jakarta Dihadiri Bupati Andi Sukri

oleh
Lounching Festival Desa Wisata di Jakarta Dihadiri Bupati Andi Sukri

 

MACCA NEWS- Bupati Bulukumba AM Sukri A.Sappewali, Selasa (13/8) pagi tadi menghadiri Louching Festival Desa Wisata di Hotel Grand Sahid Jakarta yang dilounching oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sanjojo.

Selain Andi Sukri, kegiatan tersebut dihadiri para Gubernur, Bupati, Kepala Dinas PMD dan Pariwisata se Indonesia, yang merupakan kebijakan pemerintah pusat guna terwujudnya pemanfaatan dana desa yang tepat guna dan sasaran.

Diketahui pada Tahun 2019 sudah 2764 Desa Wisata dan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi telah mengembangkan 157 Desa untuk dijadikan Desa Wisata berstandar Internasional.

Kadis Kominfo Bulukumba Rudi Ramlan melaporkan, festival Desa Wisata bertujuan untuk mewujudkan Desa yang maju, mandiri dan berdaulat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas kelembagaan Badan Usaha Milik Desa, dan Peningkatan Kesempatan Kerja Masyarakat Desa.

Pada kesempatan itu, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mitra Kementerian, para Gubernur dan Bupati yang telah membantu keberhasilan pelaksanaan programnya di masing-masing daerah, terutama melalui dana desa dan target RPJM Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi telah melampaui target yang telah ditentukan.

Kemudian Eko Putro Sanjojo juga mohon pamit dihadapkan para Gubernur dan Bupati karena masa jabatannya sudah hampir berakhir dan dia juga menyampaikan, tahun depan jumlah ADD akan semakin besar guna pemerataan pembangunan di desa.

Bupati Bulukumba Andi Sukri A. Sappewali yang hadir pada acara launching tersebut di dampingi oleh Kadis PMD A. Roslinda dan Sekretaris Dinas Pariwisata HA. Mattampawali juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Desa atas capaian target yang begitu besar dan sukses dalam melaksanakan program pembangunan disektor perdesaan.

” Cepatnya pembangunan Infrastruktur serta percepatan penurunan kemiskinan di desa, disebabkan karena besarnya perhatian pemerintah pusat ke daerah. Kita berharap, mulai tahun 2020 pemerintah pusat fokus pada sektor lainnya yaitu pada sektor pemberdayaan ekonomi dan masyarakat desa, karena kita melihat potensi BUMDes sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di desa,” papar Andi Sukri.

Tahun ini, katanya, Pemkab Bulukumba akan mengusulkan 3 Desa, yaitu Desa Kahayya Kec. Kindang, Desa Bira dan Darubiah Kec. Bonto Bahari untuk menjadi Desa Wisata.

“Saya sudah perintahkan Kadis PMD dan Pariwisata untuk berkolaborasi dan berkoordinasi dengan Dinas lainnya untuk mewujudkan hal tersebut. Untuk mewujudkan Desa Wisata, semua stakeholder harus terlibat aktif, buat perencanaan yang matang, jangan ada ego sektoral sehingga terkesan OPD jalan sendiri-sendiri. OPD harus jalan beriringan, karena kita tau, kita memiliki potensi sumber daya alam yang begitu indah, Kita punya Laut dengan pasirnya yang tak kalah indah dari daerah wisata bahari lainnya, kita punya pegunungan yang begitu elok dipandang mata, kita hanya butuh kekompakan dalam mengelola pariwisata kita,” sebut Andi Sukri.

Apalagi katanya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah juga siap membantu dalam mengelola dan mengembangkan sektor pariwisata Bulukumba, dan siap mensupport dan memberikan dukungan dana yang besar untuk mewujudkan pengembangan pariwisata Butta Panitia Lopi Bulukumba.
” Pak Gubernur siap mempromosikan pariwisata Bulukumba sampai keluar negeri, karena dia banyak memiliki jaringan investor untuk membantu kita. Jadi Kadis PMD dan Pariwisata harus jeli dan sigap menangkap peluang ini,”terang Bupati Andi Sukri.- Suaedy.-

The post Lounching Festival Desa Wisata di Jakarta Dihadiri Bupati Andi Sukri appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.