Keseruan Pesta Panen di Dusun Maddo

oleh
oleh
Keseruan Pesta Panen di Dusun Maddo

MACCA.NEWS–Pesta panen di Dusun Maddo, Desa Tellumpanua, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Minggu (14/07/2019).

Pesta Panen dihadiri Pemerintah Kabupaten Barru, Tokoh-tokoh Adat dan Masyarakat dari berbagai Desa dan secara resmi dibuka oleh Bupati Barru Bapak Ir. H. Suardi Saleh, M. Si, ditandai dengan mappadendang yaitu menumbuk padi dalam lesung panjang menggunakan alat tumbuk yang oleh suku Bugis disebut alu.

Adapun rangkaian kegiatan dalam pesta panen kali ini yaitu Mappadendang, tari-tarian, pencak silat, musik kecapi, akuistik dan teater.

“Pesta panen TO Maddo merupakan pesta tahunan yang dilakukan dusun Maddo. Pesta ini diselenggarakan sebagai bentuk suka cita dan kesyukuran pada Sang Khalik untuk hasil panen yang melimpah.

Panitia Pelaksana pada kegiatan ini mengusung tema melalui pesta panen kita tingkatkan rasa kesyukuran dan melestarikan warisan budaya leluhur di tengah globalisasi dan modernisasi, kata Sulfiamin selaku ketua panitia.

Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik atas bantuan moril maupun materil dari pemerintah Desa Tellumpanua, Masyarakat Dusun Maddo, Pemerhati budaya dan forum kreatifitas pemuda Maddo sebagai penggerak/panitia pada pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Selain bentuk suka cita, pesta panen to Maddo juga dimaksudkan untuk mempertahankan warisan budaya leluhur seperti Mappadendang yang dikhawatirkan makin ditinggalkan generasi muda,” ungkap Faisal selaku kepala dusun Maddo.

Reporter : Mudaksir Anci

The post Keseruan Pesta Panen di Dusun Maddo appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.