Humas Makassar Gandeng BKM Gelar Workshop Kehumasan

oleh
Humas Makassar Gandeng BKM Gelar Workshop Kehumasan

MACCA.NEWS– Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Makassar menggandeng harian Berita Kota Makassar (BKM) menggelar Workshop Kehumasan se – kota Makassar tahun 2019 di ruang Sipakalebbi, Jumat (19/07/2019).

Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan Pengembangan SDM Takdir Alim Bachri dalam sambutan pembukaannya mewakili wali kota Makassar menyampaikan, dalam lembaga pemerintahan Humas memiliki 12 fungsi yang harus dijalankan.

“Fungsi pertama adalah memperkenalkan program pemerintah, ke dua menyampaikan informasi ke masyarakat, ke tiga sebagai mediator dengan instansi lain, dan ke empat menjaga nama baik lembaga,” ungkap Staf Ahli Takdir Alim Bachri.

Fungsi lainnya menurut Takdir adalah menciptakan iklim yang kondusif, agen pembentukan opini publik, pengemas agenda setting, pembangun kepercayaan publik, membangun citra pemerintahan, penyusun strategi komunikasi efektif, menerima informasi dari masyarakat, dan mengawasi pendapat masyarakat.

Kabag Humas Pemkot Makassar Muhammad Roem dalam presentasinya memaparkan seorang praktisi Humas harus bersikap responsif terhadap lingkungan sekitarnya.

Praktisi Humas juga dituntut mampu memanfaatkan jejaring media sosial dalam menyebarluaskan informasi mengenai capaian program dan kebijakan pemerintah.

“Warga Makassar tergolong kelompok masyarakat yang aktif memanfaatkan media sosial. Dibanding twitter dan instagram, warga Makassar lebih banyak memanfaatkan facebook,” kata Kabag Roem.

Pemimpin Redaksi BKM Muhammad Arsan Fitri mengatakan Workshop Kehumasan yang digelar bersama Humas Setda Kota Makassar sebagai rangkaian dari peringatan HUT ke – 22 tahun harian BKM.

“Melalui workshop ini, kami ingin membekali peserta dengan pengetahuan kehumasan, dan keterampilan jurnalistik agar produk kehumasan yang dihasilkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,” ucap Arsan.

Workshop Kehumasan diikuti peserta dari kalangan mahasiswa, Humas SKPD dan kecamatan lingkup Pemkot Makassar, serta praktisi media. Adapun pemateri berasal dari unsur pemerintah dan media. (*)

The post Humas Makassar Gandeng BKM Gelar Workshop Kehumasan appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.