RPG Apresiasi Hari Buruh Berlangsung Aman

oleh
RPG Apresiasi Hari Buruh Berlangsung Aman

MACCA.NEWS– Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Rudy Pieter Goni mengapresiasi peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2019 di berbagai kota di Indonesia, termasuk di kota Makassar yang berlangsung dengan tertib, aman dan kondusif.

“Semoga suasana ini terus terpelihara dietiap peringatan May Day,” kata Rudy Pieter Goni, Rabu (1/5/2019).

Rudy Pieter Goni yang akrab disapa RPG menjelaskan Hari Buruh merupakan momentum bangsa Indonesia untuk merespon adanya perubahan pasar kerja yang dinamis dan semakin fleksibel serta untuk perbaikan ekosistem ketenagakerjaan.

Menurutnya, prioritas pembangunan pemerintah tahun 2019 adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saat ini kita membutuhkan SDM berkualitas dengan jumlah yang memadai dan persebaran yang relatif merata di seluruh Indonesia, terlebih di Sulsel,” ujarnya.

Menurut dia, persoalan riil yang dihadapi Indonesia terkait ketenagakerjaan saat ini adalah adanya ketimpangan keahlian.

Persoalan tersebut, kata dia bukan hanya persoalan pemerintah semata tetapi juga masalah bagi serikat pekerja dan pengusaha.

Untuk mengatasi persoalan ketimpangan keahlian tersebut, pemerintah terus meningkatkan klasifikasi pelatihan vokasi.

“Pelatihan vokasi ini dalam rangka memberikan pelatihan soft skill dan hard skill kepada angkatan kerja agar bisa terserap di pasar kerja dan kewirausahaan,” terang RPG.

RPG menegaskan selama ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan. Ia mencontohkan soal pengupahan, dimana upah buruh dijamin naik setiap tahun.

Kemudian ada program perumahan pekerja, perluasan jaminan sosial bagi tenaga kerja, baik formal maupun informal, serta kredit usaha rakyat yang diperuntukkan bagi pekerja.

“Kesejahteraan buruh tidak bisa terus menerus dilihat dari segi upahnya saja, tetapi dilihat dari kemudahan dari akses transportasi, pelatihan, pendidikan, akses permodalan, dan sebagainya,” tutup Anggota DPRD Sulsel dua periode itu. (*)

The post RPG Apresiasi Hari Buruh Berlangsung Aman appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.