Survei CSIS: PSI dan Partai Baru Lain Tak Lolos Parlemen

oleh
Survei Charta Politika: Nasdem Geser Demokrat di Lima Besar Pileg 2019

MACCA.NEWS– Hasil survei nasional yang dilakukan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan partai-partai baru, termasuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak lolos syarat ambang batas perolehan suara untuk mendapat kursi di parlemen. Padahal, PSI termasuk partai yang gencar berkampanye dan mendapat perhatian banyak publik.

Berdasarkan survei CSIS, PSI dan partai-partai baru lainnya diprediksi tidak mendapatkan suara di atas 4% sebagai syarat ambang batas parlemen itu. “Partai baru yang terancam tidak lolos parlemen Partai Berkarya (0,1%), Partai Garuda (0,1%), PSI (0,5%), dan Partai Perindo (1,1%),” ujar peneliti CSIS Arya Fernandez di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Sementara, partai-partai lama yang terancam tidak lolos ke Senayan adalah PKPI (0,2%), PBB (0,4%), dan Partai Hanura (0,8%). Sementara, PPP yang mendapatkan dukungan 3% dan PAN 2,5% juga masih belum aman, karena masih dalam rentang margin of error ancaman ketidaklolosan parlemen.

Di papan atas, partai dengan elektabilitas tertinggi berturut-turut adalah yakni PDIP (25,9%), Partai Gerindra (13,3%), Partai Golkar (9,4%), PKB (7%), Partai Demokrat (5,5%), PKS (4,6%), dan Partai Nasdem (2,3%).

Sementara, dalam survei CSIS ini, pemilih yang belum menentukan pilihan sebanyak 3,2% dan pemilih yang tidak menjawab atau menjawab rahasia sebanyak 18,2%. Survei CSIS dilakukan pada 15-22 Maret 2019 dengan jumlah sampel sebesar 1.960 orang yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini sebesar +/- 2,21% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. (*)