Kerjasama Budidaya Perikanan, Sulsel Kirim SDM Ditraining ke Jepang

oleh
Kerjasama Budidaya Perikanan, Sulsel Kirim SDM Ditraining ke Jepang

MACCA.NEWS– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan pihak Uwajima Project Inc. membahas tindak lanjut kerja sama antara Pemerintah Sulsel dengan Pemerintah Prefekture Ehime, Jepang tentang bidang budidaya perikanan. Pembahasannya terkait penyediaan sumber daya manusia dan studi kelayakan.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbanda) Sulsel, M Iqbal Suhaeb menyampaikan sebagai tindak lanjut akan dilakukan pengiriman SDM ke Jepang guna menjalani training. Hal itu disampaikan Iqbal usai menerima CEO Uwajima Project Inc., Kenichi Kiwada dan Corporate Officer Spesialis Sales Divisi Vice President, Yoshiyuki Miumura di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (19/3). Dalam pertemuan ini juga hadir Kepala Dinas Perikanan dan Keluatan Sulsel, Sulkaf S. Latief.

“Pembahasan intinya dengan pihak mitra (Uwajima) nanti, kita akan kirim 10 orang magang di sana. Dari 10 itu, lima dari pihak mitranya di sini dan lima dari pihak Pemerintah Provinsi,” kata Iqbal Suhaeb.

Menurut Iqbal, mereka yang dikirim dari pihak provinsi nanti akan menjadi fasilitator atau trainer dan tenaga penyuluh. Sementara dari perusahaan mitra, nanti akan dipekerjakan di perusahaan.

“Yang dari provinsi nanti tergantung petunjuk Bapak Gubernur, sifatnya nanti jadi trainer,” sebutnya.

Untuk rencana kerjasama tersebut, saat ini dilakukan feasibility study (studi kelayakan). Pihak Jepang juga akan mengirim orang guna meninjau lokasi daerah yang ditawarkan, antara lain Kepulauan Selayar, Pangkep dan Bulukumba. Pihak Jepang juga meminta segera disiapkan data potensi ikan laut di Sulsel.

“Nanti kerjasamanya antara Pemprov, Unhas dengan pihak Pemerintah Prefekture Ehime,” ujarnya.

Training diberikan selama enam bulan untuk membekali SDM yang ada dengan soft skill. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.