Australia Lirik Kerjasama Pariwisata dengan Sulsel

oleh
Australia Lirik Kerjasama Pariwisata dengan Sulsel

MACCA.NEWS – Konsulat Jenderal RI untuk Darwin Nothern Territory Australia, Dicky Soerjanatamihardja menemui Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman guna membahas kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulsel di Baruga Lounge Kantor Gubernur, Selasa (5/3).

Menurut Dicky dirinya sengaja berkunjung ke Makassar bertemu Wagub Sulsel guna membahas beberapa hal diantaranya terkait keikutsertaan Sulsel pada Arafura Games yang akan dihelat di Darwin Australi April mendatang.

Selain itu juga dibahas kerja sama di bidang pariwisata untuk mendorong sistem operasional antara Tana Toraja dan Toraja Utara dengan pasar Tori-Tori.

“Ketiga adalah memanfaatkan keberadaan pelabuhan Makassar sebagai hub untuk wilayah Indonesia Timur untuk mendirect ke Darwin di luar perjalanan ke Sidney. Tapi, kita juga berharap agar pelabuhan Darwin untuk menerima logistic yang datang dari Makassar,” terangnya.

Australia juga melirik peluang kerjasama pendidikan vokasional guna melihat potensi pasar tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan keahlian. Pasalnya di pasar Tori-tori, Perth Australia akan dibuka peluang lebih banyak bagi orang asing yang memiliki standar kualifikasi dan kemampuan salah satunya di bidang bahasa untuk bekerja di kawasan tersebut.

“Sehingga kita memungkinkan lebih banyak mengirimkan tenaga kerja yang punya keahlian untuk bekerja di Australia,” jelasnya.

Sementara itu Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi inisiasi Konsulat RI tersebut. Pemprov Sulsel pun akan mendukung sepenuhnya termasuk dalam event Arafura Games yang memungkinkan terjalinnya persahabatan dengan wilayah lain.

“Membuka diskusi beberapa pelaku usaha yang akan kita lakukan, potensi-potensi yang ada di Sulsel dan kerja sama yang dibahas antara pengusaha kita dengan pengusaha Australia untuk masalah Direct Call ini,” ujarnya.

Andi Sudirman juga menambahkan Direct Call Port ini sangat penting karena logistik dapat langsung terkirim ke Darwin tanpa ada
hambatan lagi.

“Kita berharap agar dalam waktu dekat ini kita lakukan persiapan-perisapan dan terus komunikasi sedikit follow-up untuk lanjutan pembahasan ini,” harapnya.

Diharapkan kerjasama ini dapat terlaksana dan membawa manfaat bagi masyarakat, bukan hanya di Sulsel tetapi juga di Indonesia bagian timur.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.