Gubernur Bakal Jadikan Bandara Bua Sebagai Hub

oleh
Cakka dan Judas Jemput NA di Bandara Bua

MACCA.NEWS– Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) HM Nurdin Abdullah (NA) menghadiri puncak perayaan HUT Ke-13 Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu, di Lapangan Andi Djemma, Belopa, Rabu (13/2). Kota Belopa merupakan ibu kota Kabupaten Luwu sejak dimekarkan pada tahun 2005.

Peringatan ini juga menjadi upacara peringatan terakhir bagi Andi Mudzakkar sebagai bupati, yang telah memimpin selama 10 tahun. Masa jabatannya berakhir 14 Februari besok, dan akan digantikan oleh Basming Mattayang.

Gubernur Sulsel menyampaikan selamat Hari Jadi untuk Belopa sebagai Ibu Kota Kabupaten Luwu. Dan menyampaikan terima kasih atas pengabdian dari Cakka selama 10 tahun sebagai bupati.

Ia menyebutkan, Luwu dan daerah Luwu Raya dikaruniai dengan kekayaan alam luar biasa dan memiliki sejarah yang panjang. Di hari jadi ini, NA menyampaikan tantangan dan pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan secara bersama-sama.

“Kita menghadapi lagi tahun politik, tentu kita berharap menyikapi dengan baik. Kita hidup di era digital, tentu kita jangan menelan bulat-bulat informasi yang muncul di medsos, ujaran kebencian dan sebagainya,” imbaunya.

Sementara untuk tugas-tugas yang ada, misalnya di sektor pertanian, perikanan dan infrastruktur, Sulsel sendiri merencanakan membangun akses jalan aman dan cepat. Mulai tahun 2020, membangun jalan tol nasional.

“Sulsel membutuhkan akses jalan yang nyaman, aman dan cepat. Kami 2020 akan memulai program Jalan Tol Nasional. Pak Presiden saya bawa dari Palopo ke Toraja. Bertanya, jarak Palopo ke Makassar berapa kilometer. Saya jawab bisa ditempuh sembilan jam,” sebutnya.

Pembangunan rumah sakit regional juga tahun ini akan dibangun di Luwu Raya, yang berada di Kota Palopo. Bandara Lagaligo di Bua akan dikembangkan menjadi bandara hub di timur.

“Rutenya tidak hanya Makassar pulang pergi, tetapi menghubungkan berbagai provinsi di timur. Ini akan menumbuhkan pariwisata kita,” ujarnya.

Luwu Raya, sebut NA, sebagai penghasil coklat ketiga terbesar dunia. Luwu Raya juga sebagai lumbung gabah, namun masih membeli beras di Sidrap. Sehingga, kemudian Bulog akan bangun rice processing, rencananya dibangun dua unit.

Pesan akhir yang disampaikannya adalah agar masyarakat menggunakan hak suaranya di Pemilu mendatang.

Sementara, Andi Mudazakkar, menyampaikan, Hari Jadi ini merupakan cerminan jati diri untuk membawa eksistensi daerah ke arah lebih baik.

Pada HUT ini juga dirangkaikan dengan peresmian dan penandatanganan prasasti IKM Barambing, Kecamatan Suli dan penyerahan sertifikat tanah pada 4 ribu warga secara simbolis dari Gubernur Sulsel, penyerahan serifikat akreditasi paripurna RSUD Batara Guru dari Gubernur ke Bupati Luwu Andi Mudzakkar. Dan penyerahan bonus kepada atlet berprestasi.

Dilakukan pula penyerahan kendaraan roda empat pada Dandim 1403 Sawerigading, Kapolres Luwu, Kejari Luwu, Ketua Pengadilan Luwu dan Danpom dari Bupati Luwu disaksikan gubernur. Kemudian, NA dan Cakka meninjau rakki atau rumah buah. Puluhan berjejer dan masyarakat bisa mengambil isinya secara gratis. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.