Rsud Andi Makkasau Parepare Siapkan NICU Bagi Bayi

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare menyiapkan layanan unggulan berupa ruangan perawatan intensif atau Neonatal intensive care unit (Nicu) bagi bayi baru lahir hingga usia 28 hari.

Ini disampaikan Kasubid Humas RSUD Andi Makkasau, H Farida yang ditemui di ruanganmya, Rabu (09/01/2019).

“Ruangan Nicu mendapat pemantauan dari dokter spesialis anak yang bertugas mencegah atau mengobati gagal organ vital anak. Pihak rumah sakit bahkan menyiapkan gel antiseptik bagi orang tua yang masuk ke ruangan Nicu, guna menjaga kesterilannya,” jelasnya.

Menurut H Farida, ruang Nicu RSUD Andi Makkasau dilengkapi SDM handal dan sarana prasarana yang sesuai standar rumah sakit tipe B.

“Diantaranya tenaga dokter spesialis anak dan perawat yang terlatih dan bersertifikat, incubator tempat tidur bayi berdinding kaca yang suhunya bisa di atur agar tetap hangat, digunakan untuk bayi yang lahir prematur,” ujarnya.

“Ventilator diperlukan untuk bayi yang tidak bisa bernapas sendiri, CPAP (Continous positive airway pressure) diberikan pada bayi yang lahir prematur dan mengalami kesulitan bernapas baik ringan maupun berat, dan fototerapi digunakan untuk menurunkan kadar bilirubin darah yang terlalu tinggi sebagai penyebab bayi kuning,” jelas H Farida. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.