Jaga Kesehatan Ginjal Pada Anak Sejak Dini

oleh

MACCA.NEWS, PAREPARE- Penyakit gagal ginjal tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga anak-anak. Hal itu dikatakan Ketua Komite Medik (KKM) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, dr Mahyudin Rasyid.

Dia mengatakan, ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia sehingga harus diperhatikan dengan baik. Banyak kejadian penyakit gagal ginjal diderita anak usia dini kata dia, salah satunya kasus anak usia 16 tahun, yang berulang kali melakukan cuci darah lantaran penyakit yang dapat mengancam nyawa tersebut.

“Setelah ditelusuri, anak tersebut semasa sehatnya selalu mengkonsumsi minuman kemasan yang mengandung zat pengawet, dan berdampak pada organ ginjal. Saya sarankan agar makanan anak lebih terpantau oleh orangtua dan kurangi minuman kemasan yang diawetkan,” kata dr Mahyuddin.

Tips sehat lainnya, lanjut dr Mahyuddin, agar mengatur pola makan, aktif bergerak, menjaga berat badan, menghindari konsumsi alkohol dan rokok, kontrol tekanan darah, minum air putih yang cukup, menghindari beberapa obat dan suplemen. (Sha)