Wabup Bone Irup Hari Bela Negara ke 70 di Bone

oleh
Wabup Bone Irup Hari Bela Negara ke 70 di Bone

MACCANEWS.- Upacara Hari Bela Negara dan Hari Kesadaran Nasional dengan Tema ” Ayo Bela Indonesiaku Indonesia Rumah Kita” di Lapangan Merdeka Jl. Petta Ponggawae Kab. Bone, Rabu (19/12) pagi tadi digelar dan Wakil Bupati Bone Drs H. Ambo Dalle M.M tampil sebagai Inspektur upacara da. Komandan Upacara Danramil 1407-07 Tanete Riattang Kapten Chb Eko Ermawanto.

 

Upacara tersebut diikuti
Korsik 1 Peleton, Paduan Suara 1 Peleton, Denpom XIV-1 Bone 1 Peleton, Korek 141/Tp 2 Pelaton,
Kodim 1407/Bone 1 Peleton, Polres Bone 1 Peleton, Brimob Bone 2 Peleton, Pol PP 1 Peleton, Dishub 1 Peleton, Damkar 1 Peleton
Tim Sar 1 Peleton, Unit Kopri 1 Peleton, Belanegara 1 Peleton.

Wakil bupati Bone yang membacakan amanat Presiden mengatakan, Penetapan peristiwa bersejarah ini sebagai Hari Bela Negara, merupakan penegasan bahwa bela negara sejak dulu telah memiliki Konteks yang sangat luas.

Bela Negara tidak dapat hanya dilakukandengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. Segenap aparatur negara, baik Sipil maupun militer, yang tengah berjuang melakukan tugasnya di pelosok tanah air, sesungguhnya sedang melakukan Bela Negara.

” Merekalah yang telah membuat Republik ini bisa tetap eksis untuk hadir melayani rakyatnya,” kata Wakil bupati.

Wabup menegaskan, Bela Negara adalah kerjasama segenap elemen bangsa dan negara. Bukan hanya pemerintah, apalagi sekedar nomenklatur program instansi atau satuan kerja tertentu saja.

Bela Negara terutama adalah wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat. Dunia usaha, dunia pendidikan, media, hingga tokoh pemuda, tokoh agama, semua bisa dan wajib iKut serta sesuai dengan bidang profesi masing-masing.

Kesadaran Bela Negara, Nilai-Nilai Luhur Bangsa, kearifan lokal, dan keaslian lingkungan hidup kita jelas tidak mungkin diserahkan kepada kecerdasan buatan yang sangat tergantung ketersediaan alat, koneksi
jaringan, dan listrik. Semuanya harus ditanamkan dalam jiwa dan raga segenap Bangsa Indonesia sejak dini, antara lain melalui kewajiban mengikuti pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, serta aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang, diperlukan cara-cara yang inovatif serta adaptif dengan perkembangan zaman agar anak-anak
muda kita mendapatkan ruang untuk mengekspresikan kecintaannya pada tanah air. Merekalah yang akan menahkodai kapal besar Republik Indonesia di masa depan.

Hadir pada upacara itu Kasrem 141/Tp Letkol Inf Bobbie Tiyantho S.Ip, Dandim 1407/Bone Letkol Inf Mustamin, Sekda Kab. Bone Drs.Andi.Surya Darma S.E.
Para Kasi, Pasi Korem 141/Tp, anggota Forkopimda Bone.- * Suaedy.-

No More Posts Available.

No more pages to load.