Tagana Selayar Latihan Penyelamatan Korban di Laut

oleh
Tagana Selayar Latihan Penyelamatan Korban di Laut

MACCANEWS– Dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar gelar Latihan Penyelamatan Korban di Laut.

Kegiatan yang melibatkan Badan Sar Nasional (BASARNAS) dilaksanakan di Pantai Norsya, Selayar, Sabtu 8/12/2018, dan direspon sangat luar biasa oleh para Anggota Tagana Kepulauan Selayar.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Musytari, M.M. Pub, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa salah satu tugas pokok Dinas Sosial adalah mempersiapkan petugas yang selalu siap siaga mulai dalam bidang pelayanan sosial hingga pada pelayanan dan penanggulangan bencana.

“Dinas Sosial memiliki TAGANA, untuk itu dibutuhkan bimbingan dan latihan terkait tugas dan fungsinya, agar para Anggota Tagana selalu siap siaga dan kompak dilapangan, dan memiliki respon cepat terhadap keadaan sekitarnya saat terjadi bencana,” katanya.

Selain itu kegiatan ini merupakan wujud dan upaya Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar untuk meningkatkan wawasan dan membekali para Anggota Tagana keterampilan khusus dalam hal penanganan, penanggulangan bencana maupun penyelamatan korban bencana.

Terpisah, Komandan Pos Basarnas Kabupaten Kepulauan Selayar, Micheil, M.P. ditemui usai menyampaikan materinya “Teknik Penyelamatan / Pertolongan korban di permukaan perairan (laut)”. Pada kegiatan tersebut mengungkapkan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan ini dan berharap ke depan bisa lebih ditingkatkan intensitasnya, Tagana termasuk salah satu potensi SAR.

“Dalam setiap operasi SAR seperti penyelamatan kecelakaan pelayaran, Tim Basarnas tidak mungkin sendiri, dukungan dan peran serta dari potensi SAR sangat dibutuhkan. Oleh karena itu kerjasama dengan organisasi yang berpotensi SAR, baik dari Pemerintah Daerah, Organisasi atau Lembaga sangat diharapkan sebagai bentuk memberi perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat bila terjadi bencana,” lanjut Danpos SAR Selayar.

Ia berharap dengan kegiatan ini para anggota Tagana bisa handal dan lebih profesional, sehingga saat terjadi bencana, ilmu yang didapatkan disini dapat diaplikasikan, apabila ada korban yang membutuhkan pertolongan. ( Ucok Haidir )

No More Posts Available.

No more pages to load.