Gempa 6,1 SR Guncang Papua

oleh
Gempa 6,1 SR Guncang Papua

MACCANEWS- Gempa bumi bermagnitudo 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Minggu, 16 Desember 2018 pukul 16.42 WIB.

Gempa tersebut dirasakan warga di enam kabupaten/kota lainnya di Papua yakni, Keerom, Kota Jayapura, Wamena, Timika, Nabire, Merauke, Kabupaten Jayapura.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan magnitude 6,1.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,97 LS dan 140,35 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 57 km arah timur laut Kota Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Propinsi Papua pada kedalaman 74 km (update),” kata Rahmat.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, menurut Rahmat, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi continental basement di bawah Jaya Wijaya Fold and Thrust Belt.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar turun (normal fault),” katanya.

Menurut Rahmat, dampak gempa bumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Keerom III-IV MMI, di Wamena III-IV MMI, di Jayapura II-III MMI, di Sentani II-III MMI, di Merauke II MMI, dan di Nabire II MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Hingga pukul 17.00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.