Dinas Kesehatan Bersama Komisi Penanggulangan AIDS Gandeng Elemen Masyarakat Peringati Hari AIDS Sedunia

oleh
oleh
Dinas Kesehatan Bersama Komisi Penanggulangan AIDS Gandeng Elemen Masyarakat Peringati Hari AIDS Sedunia

MACCANEWS – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan Kota Makassar Bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA ) Kota Makassar memggelar peringatan Hari AIDS sedunia yang digelar di Nipah Mall dan Office Buillding Jalan Urip Sumiharjo Makassar, Jumat (7/12/2018).

Pada peringatan hari AIDS sedunia yang digelar KPA dihadiri Penjabat Sekretaris Daera Dr Hj. Naisyah Tun Azikin didampingi Asisten ll bidang Ekonomi Pembangunan Sosial dan Kerja sama Pemkot Makassar Sittiara Kinang.

Dalam sambutan Walikota Makassar Moh. Ramdhan Danny Pomanto yang juga selaku Ketua KPA diwakili Penjabat Sekda Kota Makassar mengatakan, hingga saat ini sejak pemerintah melakukan pencegahan dan pengendalian HIV AIDS di kota Makassar, telah ditemukan sebanyak 3.839 kasus baru HIV.

“Sejak tahun 2014 hingga November 2018 jumlah penderita HIV AIDS berjumlah sekitar 3.839 penderita. Saat ini jumlah ODHA yang mengakses pengobatan ARV sebanyak 2.584
orang sudah ditangani dengan layanan pengobatan CST/PDP di kota Makassar,’ ucap
Naisyah.

Menurut Naisyah penderita HIV saat ini telah mendapat perhatian dan penanganan yang intesif dari pemerintah dengan adanya bantuan serta dari organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, pemuka agama, pemuka masyarakatp PKK, akademisi, lingkungan, sekolah dan remaja serta masyarakat lainnya.

“Dengan adanya kerja sama dari seluruh
pemangku kepentingan, akan meningkatkan pemahaman kepada masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi HIV, lebih lebih
untuk menormalisasi isu HIV AIDS agar masyarakat mempunyai persepsi yang lebih positif sehingga dapat menurunkan stigma dan diskrimlnasl kepada penderita HIV,” jelasnya.

Naisyah menambahkan hingga saat ini penangan HIV sama seperti penyakit kronis lainnya yang dapat di obati, sepertl diabetes melitus atau hipertensi.

“HIV sudah ada obatnya yaitu Anti Retro Viral (ARV), pengobatan ARV dini menjaga ODHA tetap sehat dan produktlf serta dapat mencegah penularan baru,” terangnya.

Sementara itu Sekretaris KPA kota Makassar Mawardi menghimbau kepada seluruh generasi
muda di Hari AIDS sedunia ini, untuk menghidari sex bebas dan minum minuman beralkohol serta mengutamakan pola hidup sehat sesuai dengan tema Hari AIDS sedunia yang dilaksanakan

” Sesuai dengan Tema yang diusung adalah Saya Beranl, Saya Sehat yang tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV AIDS dengan berani mengakses layanan kesehatan, melakukan tes HIV dan melanjutkıın dengan pengobatan ARV sedini mungkin jika terdiagnosa HIV intinya pola hidup sehat yang utama,” jelas Mawardi. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.