Di Akhir Tahun, Sidrap Panen Prestasi

oleh
Di Akhir Tahun, Sidrap Panen Prestasi

MACCANEWS– Berbagai prestasi ditorehkan Kabupaten Sidenreng Rappang di pengujung tahun 2018 ini. Jumat pagi (21/12/2018), daerah berjuluk Bumi Nene Mallomo itu menerima Piagam Penghargaan dari Gubernur Sulawesi Selatan sebagai Nominator Kota Bersih dan Hijau Provinsi Sulawesi Selatan.

Ada 12 kabupaten/kota di Sulsel yang mendapat penghargaan serupa. Kabupaten dan kota ini selanjutnya berhak dinominasikan ke tingkat pusat untuk mendapatkan Piala Adipura yang pengumumannya antara Januari atau Februari mendatang.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Ruang Data Kantor Gubernur Sulsel diserahkan oleh Pj Sekretaris Provinsi Sulsel, Ashari Radjamilo.

Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Pertanahan, Dan Lingkungan Hidup Sidrap, Hj Aryani Majid mengatakan, prestasi tersebut tidak lepas dari partisipasi aktif seluruh OPD dan pemangku kepentingan lainnya.

“Ini hasil kerja seluruh pihak di bawah bimbingan Bapak Bupati Sidrap,”ujar Aryani yang mewakili Bupati Sidrap menerima penghargaan tersebut.

Sementara itu, Kabid Tata Lingkungan, Penataan Dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Syamsuar mengungkap Kabupaten melalui berbagai proses penilaian.

“Kita telah lolos dua kali pemantauan serta satu kali verifikasi. Mudah-mudahan saat pengumuman antara Januari atau Februari 2019 nanti, Sidrap berhasil meraih adipura,”ujar Syamsuar.

Di tempat yang sama, Kabupaten Sidrap juga menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sulsel lewat 6 sekolah binaan. Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah peduli lingkungan sehat, berbudaya bersih dan indah, binaan Dinas PRKP2LH dan Dinas Pendidikan.

“Sekolah tersebut masing-masing SD 1 Arawa, SD 2 Pangkajene, SD 5 Tanru Tedong, SD 12 Pangkajene, SMP 2 Pangkajene dan SMP 5 Dua Pitue,”papar Syamsuar.

Prestasi Sidrap tidak berhenti sampai di situ. Di tingkat nasional, Kabupaten Sidrap juga berhasil menempatkan SD 3 Lainungan meraih status Sekolah Adiwiyata.

“Rencananya hari ini penghargaannya diterima di Jakarta. Tahun ini satu sekolah berhasil lolos ke tingkat pusat, ditargetkan tahun depan lebih banyak lagi sekolah binaan yang berhasil lolos,”tandas Syamsuar. (Andi Udin)