Korban Tsunami Palu Kembali Ditemukan di Reruntuhan Bangunan

oleh
Korban Tsunami Palu Kembali Ditemukan di Reruntuhan Bangunan

MACCANEWS- Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan tim gabungan tanggap darurat bencana di Sulawesi Tengah kembali menemukan korban meninggal dunia di antara reruntuhan dan puing bangunan.

“Hingga Minggu pukul 13.00 WIB, jumlah korban meninggal yang ditemukan tercatat 2.256 orang. Seluruhnya sudah dimakamkan,” kata Sutopo melalui pesan tertulis, Minggu (21/10/2018).

Proses pencarian dan evakuasi korban meninggal dunia telah dihentikan pada Kamis 12 Oktober 2018, sesuai dengan prosedur standar operasional Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Namun, tim gabungan tanggap darurat bencana yang melakukan pembersihan reruntuhan bangunan dan puing-puing masih menemukan korban meninggal dunia.

Sutopo mengatakan korban meninggal dunia terbanyak ditemukan di Kota Palu (1.703 orang), kemudian Kabupaten Donggala (171 orang), Kabupaten Sigi (366 orang), Kabupaten Parigi Moutong (15 orang) dan Pasangkayu, Sulawesi Barat (satu orang).

“Sementara itu, 1.309 orang dilaporkan hilang dan 4.612 orang luka-luka serta 223.751 orang mengungsi yang tersebar di 122 titik pengungsian,” jelasnya.

Pembersihan puing-puing bangunan terus dilakukan petugas gabungan bersama relawan. Sebanyak 14.604 petugas gabungan dari TNI/Polri, sipil dan relawan dikerahkan untuk penanganan darurat.

Selain itu, 251 unit alat berat, terdiri dari 64 unit dari TNI dan 187 unit dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dikerahkan untuk pembersihan lingkungan dan lainnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.