Survei Initiative Institute: Gatot Ungguli Prabowo Sebagai Capres

oleh
Survei Initiative Institute: Gatot Ungguli Prabowo Sebagai Capres

MACCANEWS- The Initiative Institute merilis hasil survei pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Lagi-lagi, Joko Widodo (Jokowi) masih unggul dengan persentase 77,8%.

Sementara survei bertajuk What the Elites Want?, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berada pada posisi keempat dengan persentase 61,5%.

Di posisi kedua dan ketiga diduduki Gatot Nurmantyo dengan perolehan 63% dan Mahfud MD sebesar 62%. Survei ini pun mengambil nama Anies Baswedan, dengan persentase 58,7%.

Berikutnya ada nama Sri Mulyani 53,3%, lalau Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang 50%, Chairul Tanjung 46,9%, dan Jusuf Kalla 45,2%.

“Dari kalangan militer, Gatot Nurmantyo lebih laku daripada Prabowo,” kata CEO The Initiative Institute, Airlangga Pribadi dalam pemaparan hasil survei di Menteng, Jakarta, Minggu (15/7/2018).

Airlangga mengatakan, tingginya angka perolehan Gatot Nurmantyo ketimbang Prabowo bisa menjadi sinyal bahwa sebaiknya Ketua Umum Gerindra itu lebih tepat menjadi king maker pada Pilpres 2019 nanti.

“Kalau berdasarkan survei pada elite, ada kecenderungan demikian. Mereka menghendaki adanya regenerasi politik di Tanah Air,” kata Airlangga.

Survei The Initiative Institute dilakukan pada 10-15 Juli 2018 dengan menggunakan pendekatan Purposeive Sampling. Responden adalah mereka yang memiliki informasi cukup baik tentang kebijakan dan karakteristik tokoh.

Kelompok responden adalah akademis, jurnalis, NGO, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan, serta profesional. Survei dilakukan di enam daerah, yakni, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.