Nurman Idrus Sebut Kemenangan Kolom Kosong Bukti Rakyat Makin Cerdas Berdemokrasi

oleh
Nurman Idrus Sebut Kemenangan Kolom Kosong Bukti Rakyat Makin Cerdas Berdemokrasi

MACCANEWS-  Kekalahan pasangan Munafri Arifudin-Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) atas kolom kosong di pilkada Makassar menjadi pelajaran besar bagi partai politik.

Pengamat politik, Nurmala Idrus menyebutkan kemenangan kolom kosong atas pasangan calon yang diusung sepuluh partai politik adalah pelajaran berharga bagi partai politik dalam mengambil sikap dalam momentum pilkada.

“Ini menjadi cambukan partai politik didalam melakoni pilkada. Dipilkada Makassar insfratruktur partai tidak jalan dengan efektif memenangkan usungannya.

Dengan kemenangan kolom kosong, Nurmala menambahkan jika para pemilih tidak selamanya mengacu pada partai politik sebagai pengusung, melainkan masyarakat melihat ketokohan calon.

“Masyarakat juga semakin cerdas berdemokrasi, dengan melihat figur yang layak memimpin kota Makassar. Masyarakat juga sering mengabaikan parpol yang berdiri sebagai pengusung calon, jadi masyarakat condong melihat kelayakan figur ketimbang partai pengusung,” jelas eks ketua KPU kota Makassar itu. (*)