Kunjungan Wisatawan di Makassar Hasilkan PAD Rp240 miliar

oleh
Kunjungan Wisatawan di Makassar Hasilkan PAD Rp240 miliar

MACCANEWS- Pemerintah kota Makassar, melui Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar mencatat sumbangan kunjungan wisatawan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp240 miliar di tahun 2017 lalu. Di tahun ini diharapkan mengalami peningkatan.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Makassar, Muhammad Roem berharap di tahun ini PAD dari sektor wisata bisa meningkat 10% hingga 15% dibandingkan dari tahun kemarin.

Apalagi Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau event F8 sudah tercatat dalam kalender event pariwisata nasional. Sangat berpotensi meningkatkan jumlah wisatawan masuk ke Makassar.

“Tahun ini kita belum mendapatkan data dari Bapenda berapa besaran kontribusi para wisatawan yang masuk ke PAD, tapi kalau tahun lalu itu sampai akhir tahu ada sekitar Rp240 miliar,” kata Roem, Kamis (26/7/2018).

“Kita tunggu nanti, biasanya hasilnya nanti akhir tahun baru dibagi ke kita. Biasanya ada tiga pajak itu, hotel, restoran dan hiburan. Pajak restoran penyumbang terbanyak, kemudian hotel, dan hiburan,” sambungnya.

Lebih lanjut, sejauh ini Dinas Pariwisata mencatat sebanyak 2.605.334 wisatawan baik domestik maupun mancanegara berkunjung ke Makassar selama semester pertama tahun ini.

Jika dibandingkan data tahun lalu terjadi peningkatan yang cukup signifikan untuk wisatawan domestik. Peningkatannya mencapai 9,73%, dari tahun lalu yang hanya berkisar 2.324.619 wisatawan naik menjadi 2.550.760 pada semester pertama.

Sementara, wisatawan mancanegara mengalami peningkatan di semester pertama sebanyak 1.158 wisatawan atau sekitar 2,17%. Jumlah wisatawan mancanegara tahun ini mencapai 54.574 orang meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya berkisar 53.416 wisatawan. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.