Kemenkes RI Serahkan 72 Komputer ke Dinkes Makassar

oleh
Kemenkes RI Serahkan 72 Komputer ke Dinkes Makassar

MACCANEWS- Kesehatan Kota Makassar menerima hibah barang teknologi informasi dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan RI. Barang ini diserahkan langsung tim leader Kemenkes RI, Isti Ratna Ningsi dan diterima langsung Kadis Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin di Kantor Dinas Kesehatan Makassar Jalan Teduh Bersinar, Kamis (12/7/2018).

“Kami dari tim Pusdatin dengan projek penguatan sist kesehatan, kami coba mendukung tingkat pelayanan paling bawah seperti Puskesmas dalam atas kelolah data agar kualitas lebih baik,” kata Tim Leader Kementerian Kesehatan RI, Isti Ratna Ningsi.

Isti menjelaskan demi penguatan data informasi dan pelayanan kesehatan harus didukung dengan alat yang memadai dengan sistem online dan teehubung langsung ke Kementerian Kesehatan. Apalagi beberapa puskesmas masih mengunakan sistem dengan data yang manual hingga menyebabkan human eror lebih banyak.

“Kita latihan studi banding puskesmas daerah lain, sudah mengimplementasikan sistem informasi ke Puskesmas kita sediakan komputer yang bisa digunakna tempat puskesmas sehingga kita bisa dapat data akurat, baik dan tepat waktu.
Banyak psukesmas masih manual, kita butuh waktu, kualitas data dipertanyakan,” jelasnya.

Lebih lanjut, “Insyallah, SDM, peralatan dan beberapa Kabupatan seperti Makassar sudah menuangkan dalam regulasi Perwali Makassar,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan Dalam upaya meningkatkan dan memperkuat pencapaian kualitas data kesehatan yang lebih baik membutuhkan upaya untuk memperkuat Sistem Kesehatan Nasional melalui penguatan kualitas data Sistem Informasi Kesehatan.

“Kota Makassar telah menetapkan pendekatan teknologi informasi dalam pelaksanaan visi pembangunannya. Hal ini tertuang dalam program “Makassar Smart City” yang menekankan pendekatan teknologi informasi dalam melaksanakan pembangunan oleh Pemerintah Kota Makassar,” kata Naisyah.

Pendekatan teknologi Informasi ini dalam melaksanakan upaya pembangunan adalah salah
satu fokus Pemerintah Kota Makassar, untuk menghasilkan kebijakan yang optimal. Hal ini pun sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Makassar Tahun 2014-2019.

Salah satu fokus penguatan Sistem Infomasi Kesehatan yang ada di Indonesia yaitu dengan Penataan Data Transaksi di fasilitas pelayanan kesehatan antara lain melalui Penerapan SIKDA Generik, yang diharapkan mampu menyediakan infomasi untuk membantu proses pengambilan Puskasmas dan Dinas Kesehatan dalam mencapai
keputusan melaksanakan manajemen.

“Pada akhir sambutan ini sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya GF-HSS dan Pusdatin Kemenkes RI yang telah memberikan perhatian besar kepada Dinas Kesehatan Kota Makassar mengharap kepada penerima bantuan dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan dapat menjaga Sistem informasi lebih baik kedepan,” ucapnya.

Kementerian Kesehatan RI menyerahkan 72 barang dan jasa di Puskesmas di Makassar, barang ini berupa, komputer, printer dan LCD. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.