Antar Api Asian Games, Pejabat Gubernur Ikut Berlayar di KRI Dewaruci

oleh
Antar Api Asian Games, Pejabat Gubernur Ikut Berlayar di KRI Dewaruci

MACCANEWS – Pejabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, turut berlayar di kapal legendari KRI Dewaruci, untuk mengantar api Asian Asian Games Ke-XVIII yang tiba Kota Makassar pada Minggu, (29/07/2018).

Di mana KRI yang berada di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, kemudian berlayar menuju Dermaga Lantamal. api Asian Games tersebut ditaruh tinder box (lentera) diserahkan ke Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji.

“Baru saja saya menerima obor dari Bapak Gubernur, saat ini kita bawa dengan KRI Dewaruci ke Pelabuhan Lantamal,” kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji.

Sekira pukul 15.00 Wita kapal Dewaruci ini tiba, upacara penyambutan ada secara adat dilakukan, Lantamal menyambut dengan tarian Paraga. Hadir juga menyambut ribuan anak sekolah bersama guru mengular dari dermaga hingga pintu gerbang Lantamal (VI) 6.

“Sengaja dilaksanakan di Dewaruci karena khusus untuk Angakatan Laut. Ini memiliki nilai hitorikal yang baik sekali, khususnya seluruh perwira di dididik di kapal ini,” tuturnya.

KSAL didampingi Sumarsono kemudian menyerahkan api yang ada dalam lentera, Sumarsono kemudian menyalakan api dari lentera ke obor Asian Games dan diserahkan ke atlet (duta) Asian Games.

Atlit yang menerima adalah Yustedjo, Ia merupakan mantan atlet peraih medali emas dua kali cabangolah raga tenis tahun 1978 dan 1982.

Sumarsono menyampaikan bahwa Api Obor ini memiliki arti dapat mengangkat nama baik Sulsel.

“Eventnya di pelabuhan dan di Losari, dua hari ini kita full hari obor dan hari jalan sehat,” sebut Sumarsono.

Kemudian, dari penyerahan obor Asian Games dari Lantamal VI ke Tugu Mandiri. Obor Asian Games dari Tugu Mandiri diarak dengan konvoi kendaraan tiba di Jalan Haji Bau.

Dan akan diarak oleh pelari pertama, Malik Faisal menuju Anjungan City of Makassar.

Selanjutnya, rencananya pada pukul 17.00 Wita kemudian dengan ceremony dengan Penyambutan Dengan Anggaru dan Prosesi Pataka dan Tari Jenaka Gandrang Bulo Mengiringi Api Obor di Letakan Panggung di Anjungan City of Makassar.

Sekira 17.00–18.30 Wita Touch Relay dilanjutkan dengan rute melawati Makassar Golden Hotel (titik kedua), Fort Rotterdam, Gedung Kesenian, SMP Negeri 6 dan Lapangan Karebosi. Kemudian ke Monumen Mandala, berbelok ke Jalan Chairil Anwar, ke Jalan Bontolempangan, ke jalan Arif Rate, Taman Segitiga, Taman Hasanuddin, ke Jalan Sawerigading, Lapangan Hasanuddin dan finis di Rujab Gubernur Sulsel. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.