IYL-Cakka Unggul di Survei, Pengamat: Itu Rujukan untuk Terus Yakinkan Rakyat

oleh
IYL-Cakka Unggul di Survei, Pengamat: Itu Rujukan untuk Terus Yakinkan Rakyat

MACCANEWS – Peluang pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar memenangkan Pilgub Sulsel terbuka lebar. Itu jika mengacu pada lima lembaga survei yang mengunggulkan pasangan ini selama 9 bulan terakhir.

Meski demikian kalangan akademisi meminta duet nomor urut 4 ini tidak terlena. Melainkan menjadikan hasil survei itu untuk terus bergerak meyakinkan pemilih di sisa waktu yang ada.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Syahrir Karim menilai, hasil survei dari lembaga yang berbeda namun tetap mengunggulkan IYL-Cakka makin menguatkan posisi pasangan yang dikenal dengan perpaduan komitmen tegas dan merakyat itu.

Khusus rilis survei terbaru yang dilakukan CPI-LSI Network, menurutnya cukup kreadibel. Apalagi dengan rekam jejak lembaga yang disegani di Indonesia ini.

“Lembaga survey ini cukup kredibel. Rilis yang menempatkan IYL-Cakka unggul dari kandidat lain cukup bisa dipertanggungjawabkan dengan selisih yang tidak terlalu jauh dengan kandidat lain,” kata dia.

Menurut dia,hasil survei ini sangat pantas dijadikan rujukan. “Saya kira survei ini cukup untuk dijadikan penyemangat saja kepada para kontestan untuk mengevaluasi, dan bekerja keras lagi. Terutama dalam merebut segmen swing voters,” jelas Syahrir.

Dikonfirmasi lebih jauh, posisi IYL-Cakka tentu tetap membutuhkan kerja yang maksimal untuk memenangkan pertarungan hingga hari pencoblosan.

Hanya saja dia tidak menampik tingginya tingkat keterpilihan IYL-Cakka, bukti bahwa Rakyat menginginkan Sulsel dipimpin dua figur yang dua periode menjabat bupati tersebut.

Selain itu, sosialisasi dan kerja elektoral harus tetap dimassifkan. Alasannya, semua kandidat memiliki peluang menang jika merujuk pada rentetan hasil survei yang ada.

“Tetap menjaga basis pemilih, program-program produktif lebih masif lagi disosialisasikan dan berusaha merebut hati swing voters,” tandasnya.

Sebelumnya, Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Iqbal Sultan mengakui bahwa IYL-Cakka memiliki kematangan strategi dan komunikasi politik.

Sehingga data yang dirilis LSI sudah sesuai dengan perpolitikan jelang pencoblosan di Pilgub Sulsel saat ini.

Akademisi Unhas ini menjelaskan, meski secara umum semua kandidat memiliki strategi, tapi Ichsan YL memiliki pengalaman tanding dan dinilai paling mengetahui sosial politik di Sulawesi Selatan. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.