Selain Elektabilitas, Ichsan Yasin Limpo Unggul di Popularitas

oleh
oleh
Ini Survei Yang Ditunggu, Elektabilitas IYL-Cakka Unggul Jelang Pencoblosan

MACCANEWS– Satu bulan jelang pencoblosan, pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) memiliki peluang untuk mencetak sejarah sebagai pasangan usungan koalisi rakyat pertama yang menjadi gubernur dan wakil gubernur di Sulsel.

Mengacu pada survei terbaru lembaga nasional Jaringan Suara Indonesia (JSI), selain IYL-Cakka punya tingkat keterpilihan paling tinggi dibanding tiga pasangan lainnya, juga popularitas Ichsan Yasin Limpo menempati posisi pertama.

Untuk tingkat popularitas, IYL dikenal oleh publik Sulsel sebanyak 85,3%. Disusul Nurdin Halid 78.7%, Nurdin Abdullah 64.0%, dan Agus Arifin Nu’mang 59,8%. Sedangkan untuk posisi calon wakil, Aziz Qahhar paling dikenal, yakni 77,6%. Kemudian Andi Mudzakkar 61,5%, Andi Sudirman Sulaiman 43,6%, dan terakhir Tanribali Lamo 34,9%.

Tingkat pengenalan IYL dan Cakka juga berbanding lurus dengan tingkat kesukaan. IYL 71,8% dan Andi Mudzakkar 70,9%. Yang tidak suka dari total yang mengenal keduanya, IYL hanya 6,8%, dan Cakka 6,2%.

Wakil Direktur Eksekutif Jaringan Suara Indonesia (JSI) Popon Lingga Geni menuturkan, IYL-Cakka maupun kandidat lain masih memungkinkan menambah tingkat elektabilitasnya. Mengingat, angka popularitas belum ada yang menembus angka 90% ke atas.

“Untuk tingkat keterpilihan, IYL-Cakka 29,8%. NA-ASS 26,1%, NH-Aziz 20,0%, dan Agus-TBL 7,1%. Sementara yang belum memutuskan 14,0%, dan tidak menjawab atau rahasia 3%,” urai Popon saat memaparkan temuan survei lembaganya di Grand Imawan, Makassar, Senin (28/5/2018).

No More Posts Available.

No more pages to load.