Calon Pemimpin Sowan ke Kiai Hal Normal

oleh
oleh
Calon Pemimpin Sowan ke Kiai Hal Normal

MACCANEWS- Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah, Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, KH Afifuddin Muhajir mengatakan kedatangan calon pimpinan daerah atau presiden ke para kiai merupakan sesuatu yang normal. Mereka mempunyai kepentingan untuk mendapatkan simpati dari masyarakat dengan mendatangi orang yang berpengaruh.

“Normal dan manusiawi, mereka kan ingin menang, segala cara mereka lakukan. Tapi jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak benar,” ujar Kiai Afifuddin.

Ia menegaskan mendatangi pesantren bukan sesuatu yang harus dipermasalahkan. Namun, Kiai Afifuddin tidak membenarkan apabila kedatanganmereka membawa sesuatu sebagai sogokan.

Kiai Afifuddin selama ini sering menerima kunjungan daricalon pemimpin daerah atau presiden. Ketika itu, Kiai Afifuddin menyampaikanpesan-pesan normatif kepada mereka. Termasuk memberikan penjelasan bahwapolitik bukan tujuan, namun hanya sarana mencapai tujuan.

“Pada dasarnya politik adalah baik, suci bahkan mensucikan,” kata Kiai Afifuddin.

Akan tetapi, menurutnya, realita politik saat ini seringdijalankan dengan menghalalkan segala cara sehingga yang suci menjadi barangyang mutanajjis. Tujuan politik padadasarnya bagus dan apabila dijalankan dengan baik, maka akan menjadi politikIslam.

“Jadi apa yang diharapkan kita sekarang belum terjadi sekarang,” Kiai Afifuddin menegaskan. (Dwi Asmoro)

No More Posts Available.

No more pages to load.