KPU Luncurkan “Sang Sura” Maskot Pemilu 2019

oleh
KPU Luncurkan “Sang Sura” Maskot Pemilu 2019

MACCANEWS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia meluncurkan “Sang Sura” singkatan dari “Sang Surat Suara” sebagai maskot Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. KPU juga meluncurkan lagu berjudul “Pemilih Berdaulat Negara Indonesia Kuat” sebagai jingle pemilu 2019.

“Hari ini adalah bagian penting proses penyelenggaran pemilu yaitu dengan adanya kehadiran pemilih, tidak terlalu susah dan rumit untuk jadi pemilih syaratnya mudah, hanya boleh 17 tahun atau sudah menikah,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman di lapangan silang Monas Jakarta, Sabtu (21/4/2018) malam.

Pada hari ini, KPU RI mengadakan Pagelaran Seni Budaya “Menyongsong 17 April 2019” yang dihadiri perwakilan partai politik serta artis ibu kota untuk memulai sosialisasi pemilu 2019. “KPU bekerja transparan mulai dari tahap pertama sampai hasilnya ditetapkan, tidak ada alasan untuk tidak ikut jadi gunakan hak pilih anda memimpin yang terbaik,” kata Arif menambahkan.

Anggota KPU RI Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemiliih dan Pengembangan SDM Wahyu Setiawan mengatakan acara tersebut juga sekaligus menandai peluncuran maskot dan ‘jingle’ Pemilu 2019. Maskotnya adalah “Sang Sura” yang merupakan singkatan dari ‘Sang Surat Suara’, sementara jingle pemenangnya bertema “Pemilu Berdaulat, Indonesia Negara Kuat”.

“KPU RI beserta KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota seluruh Indonesia mengadakan sosialisasi menyongsong pemilu 2019, ini dilakukan seluruh Indonesia melalui pagelaran seni dan budaya. Kami mencoba merangkai keragaman seni dan budaya di seluruh Indonesia sebagai sarana untuk melakukan sosialisasi pemilu 2019,” kata Wahyu.

Wahyu juga menyatakan kesiapan KPU RI untuk menghadapi kampanye yang akan dimulai pada September 2018. “Kami siap menghadapi kampanye yang akan dimulai 23 September 2018, kita berharap partai politik memahami regulasi kampanye dan sampai saat ini belum ada kendala. Sosialisasi ini menjadi momentum penting melakukan Pemilu 2019,” ungkap Wahyu.

“Sang Sura” dibuat oleh David Wijaya yang mengalahkan 228 peserta lainnya dan mendapat hadiah Rp 20 juta. “Sang Sura” berbentuk surat suara persegi panjang warna putih dengan garis tebal di sekelilingnya lengkap dengan logo KPU, mata dan mulut di bagian muka serta menggenggam paku di tangan kanan untuk mencoblos.

Sedangkan L Agus Wahyudi memenangkan jingle berjudul “Pemilih Berdaulat Negara Indonesia Kuat” yang memenangkan kompetisi mengalahkan 228 peserta lainnya. Agus mendapatkan uang Rp 30 juta sebagai hadiah.

Mantan vokalis kelompok musik Cokelat, Kikan, lalu menyanyikan jingle tersebut untuk pertama kalinya. Teks jingle “Pemilu Berdaulat, Indonesia Negara Kuat”, yakni:

Tiba saatnya Indonesia untuk memilih

Bersama datang ke TPS, 

salurkan aspirasi langsung umum bebas rahasia jujur dan adil

Demi Indonesia damai sejahtera

Ayo kita memilih demi Indonesia

menggapai cita lewat suara kita bagimu Indonesia

Sukseskan demokrasi jadi pemilih berdaulat negara Indonesia kuat

Adapun Pemilu 2019 akan berlangsung pada 19 April 2019. (Dwi Asmoro)

No More Posts Available.

No more pages to load.