Ibunda Jokowi Siarai Makam Soekarno

oleh
Ibunda Jokowi Siarai Makam Soekarno

MACCANEWS- Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo, berziarah ke makam mantan Presiden pertama Indonesia Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, Jawa Timur, Sabtu (14/4/2018). Ibunda Jokowi mengaku sengaja datang ke makam Bung Karno di Kota Blitar tersebut, dengan rombongan keluarga.

Ia ingin ziarah sekaligus liburan dengan keluarga, menghabiskan libur panjang akhir pekan. “Ini hanya acara dolan saja, ziarah dan tidak ada apa-apa. Tadi doa juga sudah dipimpin ustaz,” katanya pada wartawan.

Namun, saat disinggung terkait dengan mendoakan putranya terkait pemilihan presiden 2019, Sudjiatmi mengatakan setiap hari sudah didoakan yang terbaik dan tidak harus di makam ini. “Sudah setiap hari, terus menerus didoakan,” kata dia.

Rombongan Ibunda Presiden Jokowi itu datang Sabtu siang, dan langsung menuju areal makam Bung Karno, di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar. Setelah tiba, rombongan awalnya menuju ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) Kota Blitar, yang lokasinya juga di areal makam.

Saat tiba, rombongan disambut oleh para pejabat Pemkot Blitar, termasuk Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar, Komandan Kodim 0808/Blitar Letkol Inf Kris Bianto, Kapolres Kota Blitar AKBP Adewira Negara Siregar, dan sejumlah pejabat lainnya. Di kantor perpustakaan tersebut, rombongan sempat melihat pemutaran film dokumenter pembangunan perpustakaan. Di dalam perpustakaan itu banyak koleksi buku, termasuk yang menceritakan tentang Bung Karno.

Setelah selesai meninjau perpustakaan, rombongan lalu ziarah ke makam Bung Karno. Lokasi perpustakaan tersebut, masih satu area di makam Bung Karno, sehingga rombongan tidak terlalu berjalan jauh.

Di lokasi makam, Ibunda Presiden dan rombongan dengan khusyuk berdoa. Kegiatan itu dipimpin pemuka agama setempat dan setelahnya ibunda Presiden dan rombongan melakukan tabur bunga.

Setelah selesai ziarah, rombongan lalu meninggalkan lokasi untuk istirahat di salah satu hotel wilayah Kota Blitar. Rencananya, rombongan istirahat semalam, lalu keesokan harinya kembali berkunjung ke sejumlah lokasi.

Lokasi yang dikunjungi, misalnya tempat wisata Kampung Coklat, di Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, serta Istana Gebang, yang merupakan rumah masa kecil Bung Karno di Kota Blitar. Rombongan setelahnya istirahat sekaligus makan siang, dan akan kembali melanjutkan perjalanan pulang ke Solo.

Kunjungan Ibunda Presiden tersebut juga mendapatkan kawalan yang ketat dari Kepolisian Resor Kota Blitar. Ada 315 anggota kepolisian yang berjaga.

Jumlah itu masih ditambah dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Blitar, Dinas Perhubungan Kota Blitar, serta dari Kodim 0808 Blitar. Untuk Polri, pola pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Mereka ada yang mengenakan baju resmi serta pakain preman. (Rahayu)

No More Posts Available.

No more pages to load.