Kopertis Harus Pacu Kualitas PTS

oleh
Kopertis Harus Pacu Kualitas PTS

MACCANEWS- Menteri Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mendorong peran Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) agar dapat membina dan memacu kualitas perguruan tinggi swasta di lingkungannya. Sebab hingga kini masih banyak perguruan tinggi swasta di Indonesia yang memiliki akreditasi C.

Nasir mengatakan, saat ini pihaknya tengah membahas mengenai perubahan status Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Kopertis) menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLPT). Dia mengatakan bahwa akan ada penambahan 4 LLPT di Indonesia sebagai tambahan dari 14 Kopertis yang akan bertransformasi menjadi LLPT.

“Pada tahap awal, akan ada pendirian LLPT di Nusa Tenggara Timur,” kata Nasir, Sabtu (7/4/2018).

Menurut Nasir perubahan status Kopertis menjadi LLPT ini merupakan amanat Undang Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Dengan perubahan ini, peran LLPT yang akan lebih luas dibanding Kopertis. Kehadiran LLPT diharapkan dapat meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia yang saat ini masih seikit yang memiliki akreditasi A.

Selain itu, kata Nasir, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi adalah dengan melakukan merger. Dengan merger perguruan tinggi akan menjadi sehat dan memiliki sumber daya untuk meningkatkan kualitas.

“Dengan merger ke depannya diharapkan jumlah perguruan tinggi di Indonesia menjadi sekitar 3.500 dari lebih dari 4.500 yang ada saat ini,” jelas dia.

Karena itu, Nasir mendorong perguruan tinggi swasta di Kopertis Wilayah II dapat berbenah dan meningkatkan kualitasnya. Menristekdikti berharap ada 5 perguruan tinggi swasta dengan Akreditasi A di Kopertis Wilayah II. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.