Ini Ibadah Anjuran Nabi Setelah Shalat Jumat

oleh
Ini Ibadah Anjuran Nabi Setelah Shalat Jumat

MACCANEWS- Jumat merupakan hari yang dianggap paling mulia dibandingkan hari lainnya. Rasulullah SAW juga sangat rajin melakukan berbagai ibadah sunnah pada awal akhir pekan. Jumat juga semakin istimewa dengan adanya ibadah shalat Jumat bagi kaum Adam.

Dalam beberapa riwayat dikisahkan bahwa Nabi SAW melakukan aktivitas tertentu di hari Jumat. Al-Suyuthi dalam kitabnya, Amal Yaum wa Lailah, mengatakan, Nabi SAW membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas (kulfaqnas) usai shalat Jumat sebanyak tujuh kali dan beliau juga memperbanyak shalawat pada hari Jumat dan malamnya. Ia juga mengerjakan shalat sunah setelah shalat Jumat di rumahnya, tidak di masjid.

Setalah itu apa yang dilakukan Nabi SAW? Beliau mengunjungi saudaranya, menjenguk orang sakit, menghadiri penyelenggaraan jenazah, atau menghadiri akad nikah.

Nabi SAW mengajarkan kepada umatnya agar membiasakan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas sebanyak tujuh kali setelah shalat Jumat, serta memperbanyak shalawat. Dilanjutkan dengan memanjatkan doa, dan melakukan sholat sunah di rumahnya.

Hari Jumat juga dijadikan Rasulullah SAW sebagai momentum untuk silaturahmi kepada sanak saudara, seperti mengunjungi orang-orang yang sedang sakit ataupun ditimpa musibah, membantu proses penyelenggaraan jenazah, atau menghadiri akad nikah. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.