Ini Cara Nikmati Hidup Walau Modal Pas-Pasan

oleh

MACCANEWS- Memiliki banyak uang tentunya menjadi impian bagi setiap orang. Dengan memiliki banyak uang, tentu saja Anda bisa mendapatkan semua hal yang diinginkan dengan mudah. Sehingga, dapat dikatakan dengan uang yang banyak tentu saja Anda bisa menikmati hidup dengan indah.

Namun, memiliki uang yang banyak bukanlah hal yang mudah didapat. Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang hanya memiliki uang pas-pasan? Apakah mereka tak bisa menikmati kehidupan seperti lainnya? Tentu saja tidak seperti itu.

Meskipun tak memiliki banyak uang, tapi Anda tetap dapat menikmati kehidupan dengan baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menikmati kehidupan meski dengan uang yang pas-pasan.

1. Miliki waktu istirahat yang berkualitas

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menikmati hidup adalah dengan beristirahat yang cukup dan berkualitas. Kebanyakan orang mungkin tak menyadarinya, namun cara ini memang efektif untuk menikmati kehidupan.

Bagi Anda yang selalu bekerja setiap harinya, weekend menjadi hal yang sangat dinanti-nantikan. Anda bisa memanfaatkan akhir pekan untuk istirahat dari pekerjaan.

Bahkan, bagi yang bekerja dari jam 8 pagi hingga 5 sore, Anda bisa menjadikan momen ini sebagai balas dendam untuk tidur. Me-time menjadi salah satu cara menikmati hidup yang berkualitas dan menurunkan stres yang dimiliki.
2. Liburan ke tempat murah dan gratis

Meskipun hanya memiliki uang pas-pasan, namun Anda masih tetap dapat menikmati kehidupan dengan berlibur. Tak perlu berlibur di tempat yang mewah, Anda bisa berlibur di tempat yang murah, bahkan yang menggratiskan tiket masuk.

Saat ini, banyak sekali tempat liburan yang tak memiliki tiket masuk, sehingga menjadi rekomendasi untuk Anda. Atau Anda juga bisa mencoba untuk berpiknik di taman atau sekadar bermain air di pantai.

Jika tak ingin jauh jauh, Anda juga bisa mencoba untuk berlibur di rumah dengan menonton film kesukaan. Selain tak menghabiskan banyak uang, hal ini dapat membuat Anda bersantai sekaligus beristirahat di rumah. Kegiatan-kegiatan semacam ini dapat menghibur diri dan tak perlu menghabiskan uang, dibandingkan harus berbelanja ke mal atau bioskop.

3. Berburu diskon dalam berbelanja

Meskipun Anda memiliki uang yang pas-pasan, bukan berarti Anda tak bisa menikmati berbelanja seperti orang berduit. Anda bisa mencoba untuk berburu diskon di beberapa tempat tertentu.

Pada beberapa waktu tertentu, biasanya ada beberapa mall yang melakukan promo dan diskon serentak, misalnya menjelang lebaran, natal dan tahun baru. Momen seperti ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah.

4. Melakukan hobi yang digemari

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menikmati kehidupan adalah dengan melakukan hal-hal yang disenangi, termasuk hobi yang disukai. Melakukan hobi yang disenangi, tentunya akan membuat Anda senang.

Tak perlu melakukan hobi yang rumit, hobi simpel seperti membaca buku, menonton film, olahraga, dan lainnya bisa dilakukan di rumah.

5. Makan makanan favorit

Apa makanan favorit Anda? Makan makanan favorit di saat waktu senggang akan sangat menyenangkan. Tak perlu membeli, Anda bisa membuat sendiri makanan favorit. Sehingga hati Anda senang tanpa harus mengeluarkan biaya yang berlebih.

6. Menjadi Relawan

Biasanya di beberapa cara acara sosial, seringkali pihak penyelenggara acara tersebut membutuhkan beberapa volunteer atau relawan untuk membantu menjalankan acara mereka. Tak ada salahnya jika Anda mengikuti acara ini. Anda bisa mencoba untuk mendaftar sebagai relawan.

Tak hanya mendapatkan teman baru, melalui acara ini bisa saja bertemu dengan artis-artis favorit. Selain itu, banyak pengalaman menyenangkan yang didapat dengan menjadi seorang relawan.

Jalani hidup dengan hati yang tulus

Menikmati kehidupan tak harus dengan banyak uang, kebahagiaan tak melulu terkait dengan banyaknya yang yang didapatkan. Untuk itu, jalani hidup dengan hati yang tulus, sehingga semua yang dikerjakan akan tetap menyenangkan untuk Anda, tanpa merasa beban yang berlebih. (*)