Bina Mental Spiritual Warga Binaan, Rutan dan LDII Enrekang Bakal Teken MoU

oleh

MACCANEWS- Program pengembangan dakwah harus menyentuh semua lapisan masyarakat. Dakwah diyakini sebagai jalan untuk mencapai perubahan kehidupan manusia kearah yang lebih baik. Dakwah membuat akhlak manusia menjadi akhlak yang luhur.

Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan Islam, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) bertugas melaksanakan dakwah dengan berpedoman pada kitab suci Alquraan dan Alhadis dengan segenap aspek pengamalan dan penghayatan beragama dalam rangka mengabdikan segenap kemampuan untuk kemaslahatan umat dan kemajuan Bangsa Indonesia.

Tugas ini selaras dengan fungsi rumah tahanan (rutan) yang menyiapkan warga binaan pemasyarakatan agar dapat berintegrasi secara sehat dengan masyarakat, sehingga dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab. Sekaitan dengan itu, Rutan Kelas II B Enrekang dan DPD LDII Kabupaten Enrekang bekerjasama dalam hal bimbingan agama dan pengembangan mental bagi warga binaan.

Ketua DPD LDII Kabupaten Enrekang, Hermansyah SAg mengatakan, mubalig LDII telah hadir di Lapas Enrekang sekitar 1 tahun lalu. “Kerjasama ini didasari pertimbangan adanya program LDII yang sinkron dengan program lembaga pemasyarakatan,” tutur Ketua LDII Enrekang, Hermansyah SAg di sela-sela pengajian warga binaan di Masjid At-taubah Lapas Kelas II B Enrekang, Jalan Jenderal Sudirman, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Rabu (28/3/2018).

Hermansyah berujar, setelah keluar dari lembaga pemasyarakatan, warga binaan diharapkan memiliki kualitas keagamaan dan mental yang baik. “Pertama, target LDII membina warga binaan menjadi umat dan generasi bangsa yang paham ilmu Alquran dan Hadis. Kedua, membina mereka menjadi orang-orang yang berakhlak dan beradab. Ketika, membina warga binaan menjadi generasi yang mandiri. Selain itu, agar shalat dan mentalnya bagus. Kita harapkan, setelah keluar dari rutan, pembinaan terus berjalan,” ucapnya.

Pengajian warga binaan ini terjalin atas atas kerjasama pihak Rutan Enrekang dengan LDII Enrekang. Momentum Rakernas LDII pada Oktober 2018 akan menjadikan program ini menjadi role model dan percontohan nasional.

Hermansyah mengungkapkan, di setiap rabu, mubalig LDII menyampaikan materi keagamaan kepada warga binaan. “Pengajian sekali dalam seminggu ini dianggap masih kurang. Namun kedepan, kita upayakan menambah frekuensi pengajiannya,” ujar Ketua LDII Enrekang yang berlatarbelakang jurnalis ini.

Adapun materinya pengajian, kata Hermansyah, diantaranya pengenalan cara membaca Alquran melalui metode Tilawati. Selain itu, warga binaan mendapat ilmu praktik ibadah berupa tata cara shalat dan berwudhu,” paparnya.

Ia berharap, dengan dibekali baca tulis dan menghafal ayat Alquran, mental spiritual warga binaan bisa baik. “Sehingga saat keluar dari sini, mereka bisa mengalikasikan ilmunya. Bisa saja mereka jadi guru mengaji dan imam masjid. Minimal menjadi tukang azan di masjid. Dengan modal mental spiritual yang baik, mereka tidak mengulangi kekeliruan masa lalu, sehingga bisa diterima masyarakat,” ujar Hermansyah.

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Rutan Kelas II Enrekang, Faridah SH menyampaikan terima kasih kepada LDII Enrekang yang telah mendampingi warga binaan. “Manfaat yang kami rasakan, warga binaan sudah bisa membaca Alquran. Padahal sebelumnya, ada warga binaan yang sama sekali belum mengenal huruf Alquran. Ustaz LDII juga mengajari cara membaca surah-surah pendek dalam Alquran, cara berdoa, cara shalat yang benar, dan cara berwudhu yang benar,” tutur pejabat rutan yang membawahi pembinaan kerohanian dan keagamaan ini.

Pihaknya berharap, kerjasama kedua belah pihak dapat berlanjut seterusnya.

“Anak-anak kami banyak yang sudah menghafal surah pendek. Nah, kalau bisa diberikan piagam penghargaan. Setelah keluar dari rutan, mereka bisa membawa surat bebas dan sertifikat pembinaan agama,” ucap Faridah.

Di tempat yang sama, mubalig LDII Ilyas Rasyid Wicaksana, mengatakan, dari waktu ke waktu, pembinaan mulai membuahkan hasil. “Saya membina warga binaan yang baru belajar membaca Alquran, awalnya materi tilawati 1. Sekarang sudah naik ke materi tilawati 2. Awalnya warga binaan tidak punya semangat membaca Alquran. Alhamdulillah, sekarang sudah semangat membaca Alquran,” ungkap Ilyas.

Tidak hanya mengajari cara membaca Alquran, Ilyas juga menyisipkan nasihat agama. “Biasanya setelah mengajar bacaan Alquran, selama 15 menit saya menyampaikan tausyiah agar mereka bersemangat. Selain itu, saya ajari tata cara berwudhu dan shalat yang bersumber dari Quran dan Hadis. Tujuannya agar warga binaan disini wudhu dan shalatnya sesuai tuntunan nabi,” sebutnya.

Di kesempatan yang berbeda, Kepala Rutan Kelas II B Enrekang Tubagus M Chaidir, AMd IP SH MH mengisahkan awal kerjasama Rutan Kelas II B Enrekang dengan LDII Enrekang. “Kerjasama ini diawali pertemuan saya dengan Ketua LDII Enrekang saat menghadiri suatu acara. Saya bertemu Ketua LDII, Pak Herman, saat meliput kegiatan bupati. Kami berbicara disitu. Besoknya, saya undang bertemu,” katanya.

Menurut Tubagus, warga binaan antusias. “Warga binaan sangat welcome bisa diajak kerjasama dengan program yang diberikan oleh LDII. Saya melihat, narasumbernya bervariasi. Tidak hanya dari Sulawesi Selatan, tetapi ustaznya dari daerah lain di Indonesia. Tadinya, warga binaan kurang mengetahui ilmu agama islam. Namun, sekarang tertarik bisa belajar mengaji dan tahu cara shalat,” ungkapnya.

Kerjasama Rutan Enrekang dan LDII Enrekang akan ditindaklajuti dalam bentuk pendandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman. Kepala Rutan Kelas II B Enrekang Tubagus M Chaidir, AMd IP SH MH telah menawarkan kepada Ketua LDII Enrekang membuat draft MoU. “Saya nanti yang bertanda tangan,” katanya.

Kepala Rutan, Tubagus M Chaidir menyarankan, LDII mengembangkan kerjasama dengan rutan lainnya. “Kalau bisa, LDII mengembangkan dakwahnya ke tempat lain, seperti lapas atau rutan lain. Sebab kami rasakan sangat bermanfaat. Banyak masyarakat yang perlu mendapat pembinaan khusus. Pembinaan ini mampu membuat perilaku warga binaan bisa lebih baik,” ucapnya. (Wan)

No More Posts Available.

No more pages to load.