Kemendikbud Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa Unggulan

oleh

MACCANEWS– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemedikbud) kembali membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan untuk 2018 mulai 20 Maret hingga 19 April. Beasiswa tersebut diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan dengan pengembangan pendidikan dan kebudayaan.

“Beasiswa ini diberikan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar maupun non gelar,” ujar Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (PKLN) Kemdikbud, Suharti di Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Suharti menjelaskan beasiswa tersebut diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan. Bidang prioritas tersebut yakni pendidikan (Pendidikan PAUD, Pendidikan PGSD), kurikulum dan pedagogi, manajemen dan kebijakan Pendidikan, Perfilman, seni pertunjukan, seni musik, kebudayaan, perpustakaan, arkeologi (Permuseuman), teknologi informasi, kebijakan publik, pariwisata, industri kreatif, teknologi pangan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), maritim, pertanian, dan energi.

“Beasiswa ini mendukung upaya pemerintah dalam memperkecil kesenjangan kinerja pendidikan antarkelompok masyarakat, sehingga program ini juga memberikan peluang lebih besar bagi masyarakat miskin dan yang berada di daerah 3T,” kata Suharti lagi.

Pada tahun ini, lanjut dia, pihaknya memberi bobot penilaian lebih besar jika berasal dari daerah tertinggal. Selama ini, pelamar beasiswa yang berasal dari daerah 3T sangat sedikit. “Kalau menggunakan penilaian yang sama, pasti kalah dari pelamar dari Jawa dan Bali,” ucapnya.

Untuk pendaftaran dilakukan secara “online” atau dalam jaringan melalui laman http://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/. Untuk pendaftaran dilakukan pada 20 Maret hingga 19 April 2018. Kemudian seleksi tahap satu dan dua pada 20 April sampai dengan 14 Mei 2018. Sedangkan pengumuman pada 15 Mei 2018. (Wan)

No More Posts Available.

No more pages to load.